Amankan Mudik Lebaran di Jalur Puncak, 12 Kades se-Megamendung Dikerahkan

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kecamatan Megamendung turut ambil bagian dalam pengamanan mudik Lebaran atau Operasi Ketupat Lodaya 2022. Mereka menerjunkan 12 kepala desa (kades) untuk bergantian piket selama operasi berlangsung.

Operasi Ketupat Lodaya 2022 digelar mulai 27 April hingga 9 Mei 2022. Para kades ini akan disiagakan di pos operasi Jalur Puncak yang masuk Kecamatan Megamendung.

“Kami menugaskan 12 orang kades secara bergiliran untuk piket pengamanan di Pos Operasi Ketupat Lodaya. Lokasinya di depan Cimory Resto, Jalan Raya Puncak, Desa Cipayung Girang,” ujar Camat Megamendung, Acep Sajidin, Selasa, (26/4).

Tak hanya itu, unsur lainnya seperti Unit Trantib Kecamatan Megamendung, KNPI, Karang Taruna, Pramuka, Orari dan lainnya ikut turun dalam pengamanan di pos tersebut. Mereka ditugaskan membantu kepolisian, TNI atau Forkopimda Kabupaten Bogor dalam pengamanan Lebaran 2022.

Baca Juga  Keren CIA Bisa Ubah TV Anda Jadi Alat Penyadapan

“Semuanya dikerahkan, biaya makan mereka ditanggung Pemerintah Kecamatan Megamendung,” ungkapnya.

Sementara khusus di malam takbiran Hari Raya Idul Fitri, semua kades, unit Trantib, KNPI, Karang Taruna, Pramuka, Orari termasuk dirinya wajib mengikuti piket pengamanan.

“Di malam takbiran, saya mengajak semua personil untuk memupuk rasa kebersamaan dengan ikut piket pengamanan Operasi Ketupat Lodaya. Kita prediksi di malam tersebut bakal terjadi kepadatan arus lalu lintas kendaraan,” terang Acep.

Acep menjelaskan, Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya bisa dimanfaatkan pemudik atau wisatawan untuk istirahat hingga memeriksa kondisi kesehatannya. Sejumlah tenaga kesehatan sudah disiapkan untuk membantu para pemudik atau wisatawan.

“Tenaga kesehatan dari Puskesmas Megamendung siap memeriksa kondisi kesehatan pemudik atau wisatawan. Kalau kondisi badan kurang fit, bisa istirahat dan minum vitamin terlebih dahulu serta jangan memaksa melanjutkan perjalanan hingga kondisi tubuh benar-benar fit,” tandasnya. (fin)

Baca Juga  Pendekar Silat se-Jabar Kumpul di Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published.