Bima Arya Lantik Komisioner KPAID Kota Bogor Baru

by -

METROPOLITAN.id – Wali Kota Bogor, Bima Arya melantik tujuh komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kota Bogor yang baru secara hibrid di Aula Kejaksaan Negeri dan lewat zoom, Kamis (14/4). Mereka terpilih dengan masa bakti periode 2022 – 2027.

Adapun, petahana Dudih Syiaruddin kembali terpilih menjadi Ketua KPAID Kota Bogor 2022 – 2027.

Dalam sambutannya Bima Arya menekankan pentingnya kolaborasi kelembagaan dan sinergi program dengan stakeholders yang ada di Kota Bogor.

“Utamanya KPAID dapat memberikan rekomendasi kebijakan terkait penyelenggaraan perlindungan anak berbasis kajian dari kondisi riil di masyarakat,” kata Bima Arya.

Menurut Bima Arya kerja sama itu di antaranya melibatkan kampus, lembaga pemerhati anak dan lembaga masyarakat.

“Mereka itu diharapkan memberikan masukan dan menjadi think tank bagi pemerintah,” ujarnya.

Dudih Syiaruddin menyatakan, harapan Wali Kota Bogor akan menjadi acuannya dalam kerja-kerja kolaboratif ke depan. Permasalahan anak dan keluarga yang semakin kompleks membutuhkan kerja sama dan kolaborasi.

Baca Juga  Polisi Dalami Kasus Penemuan Mayat Lelaki Tak Dikenal di Selokan Sempur Seberang Istana Bogor : Nggak Ada Tanda Kekerasan

“Kami berharap KPAID dapat memberikan kontribusi sehingga Kota Bogor yang selama ini tiga tahun berturut-turut di level madya bisa naik ke nindya, sukur-sukur meloncat ke utama dan menjadi kota layak anak yang paripurna,” kata Dudih Syiaruddin optimistis.

Selama ini, sambung Dudih Syiaruddin, sinergi sudah berjalan melibatkan legislatif, dinas terkait, LSM, komunitas dan masyarakat untuk mengkampanyekan program Sekolah Ramah Anak. Dudih Syiaruddin mengatakan, kampanye terus dilakukan dan menghindari jargon melainkan dengan kerja nyata.

“Untuk mencapai Kota Layak Anak, kami misalnya berkolaborasi dengan DP3A Kota Bogor mengembangkan tiga konsep. Pertama, kolaborasi pendekatan kewilayahan mulai tingkat RW, kelurahan, hingga kecamatan,” ujarnya.

“Jadi kita kembangkan RW ramah anak, kelurahan layak anak, dan kecamatan layak anak, dengan penguatan kelembagaan di wilayah, dengan dibentuknya PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat) dan Forum Anak di seluruh kelurahan di Kota Bogor secara bertahap,” kata Dudih.

Baca Juga  KNPI Bogor Selatan Urunan Bantu Korban Longsor Cipelang

Kedua, kolaborasi tingkat satuan pendidikan bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, terus mempromosikan dan melakukan pelatihan kepada guru-guru dan pendidikan terkait Sekolah Ramah Anak mulai dari tingkat PAUD hingga SLTA.

“Kerja sama ini akan dibangun dan sudah berjalan melibatkan dinas terkait dengan melibatkan Forum Anak, Duta Anak, Duta Hari Anak, guru bimbingan konseling, para tutor PAUD dan seluruh penyelenggara satuan pendidikan. Hal ini dilakukan agar pemenuhan hak dan perlindungan anak di sekolah semakin terselenggara dengan baik,” ujarnya.

Ketiga, kolaborasi dengan pendekatan sektor bisnis dan pariwisata. Di antaranya dengan mempromosikan dan bekerjasama melalui program Horeka Mall Wae (hotel, restoran, kafe, mall dan wisata edukasi ramah anak).

Baca Juga  Proyek Tol BORR Seksi IIIB Segera Dilanjut, Dewan : Bikin Desainnya Mesti Cermat, Jangan Rugikan Warga Bogor Lagi

“Harapannya, dengan terciptanya Kota Layak Anak dapat mengeliminasi kasus-kasus seperti tawuran pelajar, pelecehan seksual, perkawinan anak, eksploitasi anak, kekerasan terhadap anak dan penyalahgunaan narkoba,” kata Dudih Syiaruddin. (*) 

 

Berikut ini nama-nama Komisioner KPAID Kota Bogor periode 2022 – 2027:

Ketua : Dudih Syiaruddin, S.Sos. MM

Wakil Ketua : Dede Siti Amanah, SH

Anggota :

Dudih Syiaruddin, S.Sos. MM – Bidang Agama dan Budaya

Rani Nurmega, S.E, M. Pd – Bidang Kesehatan dan Napza

Dede Siti Amanah, SH – Bidang Anak Berhadapan dengan Hukum

Sumedy, S.E – Bidang Sosial dan Disabilitas

Ari Ariansyah, M. Pd – Bidang Pendidikan

Geri Tri Ikanova, S. Pd – Bidang Pornografi, Cybercrime dan Trafficking

Wiwit Liftiani, S. Psi – Bidang Hak Sipil, Pengasuhan Alternatif dan Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published.