Gus Udin: Puasa Mampu Meningkatkan Kecerdasan dan Kreativitas

by -

METROPOLITAN.id – Wakil Ketua PCNU Kabupaten Bogor, Saepudin Muhtar mengatakan bahwa puasa mampu meningkatkan mecerdasan dan kreativitas.

Hal itu disanpaikan pria yang karib disapa Gus Udin saat Talkshow Asik Ramadhan 1443 Hijriyah yang digelar Forum Da’iyah Fatayat (FORDAF) NU Kabupaten Bogor, Minggu (10/4).

Menurutnya, agar istiqomah dalam keimanan kepada Allah, keimanan kita harus terus dirawat dan dijaga. Implementasi dari beriman kepada Allah salah satunya dengan berpuasa di bulan Ramadan yang bertujuan menggapai ketakwaan.

Dalam talkshow yang berlangsung sekitar satu jam tersebut, Gus Udin menerangkan bahwa dengan berpuasa mampu meningkatkan kecerdasan, yaitu kecerdasan spiritual, emosional, dan intelektual.

Selain itu, pria yang pernah menjabat sebagai Sekretaris PCINU Malaysia ini menyebut bahwa puasa juga mampu meningkatkan kreatifitas.

Baca Juga  Kronologi Curanmor di Pasar Cibinong, Pelaku Ketahuan Gara-gara Balik Lagi Saat Ngamen

Mengutip hasil penelitian yang dilakukan Gabriel Cousens, M.D., Founder Tree Of Life Rejuvenation Center di Amerika Selatan, bahwa mereka yang berpuasa akan mengalami peningkatan dalam konsentrasi. Kemampuan berfikir kreatif mereka juga berkembang. Selain itu puasa juga menghilangkan depresi, kegelisahan dan insomnia.

Gus Udin pun berpesan agar betul-betul mengisi waktu di bulan Ramadan dengan hal-hal yang positif dan produktif.

“Jangan menyia-nyiakan waktu di bulan Ramadhan ini. Selain memperbanyak ibadah dan Taqarrub Ilallah, maksimalkan juga otak kita yang kreatif ini untuk berkarya, seperti menulis buku, belajar, hingga mengembangkan bisnis,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.