Jelang Hari Raya, Kementan Gelar Pangan Murah

by -

METROPOLITAN.ID- Kementerian Pertanian RI (Kementan) terus memastikan stok kebutuhan pokok di pasar aman dalam menghadapi tingginya permintaan kebutuhan pokok menghadapi bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

Melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Gelar Pangan Murah Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan sesuai arahan Presiden Joko Widodo sinergi lintas Kementerian harus terus diperkuat dalam memastikan bahan pokok dapat terjangkau oleh masyarakat. Caranya yakni memperlancar distribusi dan mendekatkan kebutuhan pangan dari daerah surplus ke daerah defisit sehingga setiap daerah tercukupi.

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi menambahkan, jaminan ketersediaan pangan merupakan salah satu pilar yang menjadi fokus perhatian Kementan. “Penting untuk harus terus menjamin kebutuhan pangan agar tak ada satu orang pun yang luput pemenuhan kebutuhan pangannya. Oleh karenanya, mari kita bahu membahu dalam hal swasembada pangan agar ketahanan pangan kita terjamin,” ujar Dedi.

Baca Juga  Kejadian Unik saat Sandiaga Uno

Kegiatan yang berlangsung mulai hari Selasa, 26 April ini menghadirkan para produsen dan pedagang berbagai produk bahan pangan pokok serta olahan hasil pertanian dengan harga yang terjangkau.

Ibu Rohma, salah seorang pembeli yang datang mengungkapkan bahwa harga pangan yang dijual pada gelaran pangan murah ini jauh lebih murah dibandingkan harga di pasar. Ia berharap agar kegiatan serupa agar sering dilakukan karena sangat membantu masyarakat dalam memperoleh pangan yang murah dan tentunya berkualitas.

Senada dengan yang diungkapkan Ibu rohma, terlihat salah satu kios yang menjual produk sapi dengan harga Rp 129.000/kg bahkan terdapat daging promo yang dijual seharga Rp 80.000/kg. Pak Biki selaku penjual menyatakan sampai pada pukul 10 pagi daging yang dijualnya sudah laku sebanyak 30 kg, hal ini karena adanya antusiasme yang tinggi dari masyarakat yang melihat bahwa harga yang dijual disini lebih murah.

Baca Juga  Gilaa! Dua Oknum Polisi dan Seorang PNS Samsat Jadi Pesakitan

Walaupun kegiatan gelar pangan murah ini belum dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, namun dapat terlihat antusiasme masyarakat yang berbondong bondong menghadiri serta membeli produk-produk yang dijual di gelar pangan murah hari pertama.

Gelar Pangan Murah Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 26 April hingga 28 April 2022 bertempat di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan.(suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *