Jelang Lebaran Warga yang Mau Mudik Diminta Lapor Dulu

by -
Kasat Reskrim Polres Bogor, Akp Siswo Tarigan

METROPOLITAN.id – Jelang lebaran Polres Bogor terus melakukan pengamanan wilayah. Hal itu seiring dengan banyaknya masyarakat yang melakukan mudik atau pulang kampung saat momen lebaran.

Peningkatan pengamanan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi aksi pencurian di rumah kosong yang ditinggal mudik oleh pemiliknya.

“Sejauh ini belum ada laporan atas kehilangan atau yang lainnya di dalam rumah. Karena temen-temen di Polsek pun kini gencar melakukan patroli diwilayah,” kata Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo Tarigan.

Ia juga menghimbau agar pemilik rumah yang pergi mudik berkoordinasi dengan aparat wilayah mulai dari tingkat RT/RW serta Babinkamtibmas. Sehingga petugas kepolisian mengtajui rumah mana saja yang ditinggal pemudik.

Baca Juga  Periksa Sejumlah Saksi, Polisi Sebut Kantongi Nama Perusahaan Pembuang Limbah APD di Bogor

“Kalau rumahnya kosong jadi kita tahu. Karena setelah lapor itu akan dipantau rumah-rumah yang kosong,” paparnya.

Sebelumnya, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengaku pihaknya sudah memetakan titik-titik wilayah yang rawan akan tindak pidana pencurian di rumah kosong atau kejahatan jenis lainnya.

“Titik-titik rawan berbagai kejahatan atau tindak pidana lainnya sudah kami buat ‘peta’, untuk menjadi atensi jajaran atau anggota kepolisian. Hal itu demi terciptanya rasa aman dan nyaman di Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Polres Bogor juga membuka layanan pendataan rumah yang akan ditinggal warganya mudik. Hal ini guna mengantisipasi kejahatan rumah kosong selama mudik Lebaran 2022.

“Kami membuka layanan untuk masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman dengan meninggalkan rumahnya. Untuk masyarakat tolong didaftarkan ke Polsek terdekat agar kami bisa melakukan antisipasi terhadap kejahatan rumah kosong,” kata Iman.

Baca Juga  Tim Gegana Ikut Amankan Natal di Bogor

Masih kata dia, masyarakat yang ingin mudik selain mendata rumahnya, juga bisa menitipkan kendaraan atau barang berharga lainnya di Polsek terdekat.

“Layanan ini diberikan kepada masyarakat tanpa dipungut biaya atau gratis,” ungkapnya. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published.