Mau Mudik? Ini Pesan Penting Menteri Muhadjir Effendi

by -
MUHADJIR EFFENDI Mendikbud.

METROPOLITAN.id – Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengingatkan kepada masyarakat yang hendak mudik pada periode Hari Raya Idul Fitri 2022 agar telah menjalani vaksinasi Covid-19. Khususnya telah mencapai dosis tiga atau booster.

“Hal ini supaya ketika berangkat ke daerah tujuan, kondisi betul-betul sehat dari Covid-19 dan datang tidak membawa oleh-oleh Covid-19,” kata Muhadjir kepada wartawan, Minggu (17/4).

Muhadjir mengatakan, pemerintah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan mudik agar berjalan aman, lancar dan sehat. Persiapan itu dibahas melalui rapat koordinasi lintas sektor yang sudah dua kali dilaksanakan.

“Bapak Presiden sudah memberikan petunjuk agar semua yang akan mudik menyiapkan diri dengan vaksin booster yang ketiga kalinya,” imbuhnya.

Baca Juga  One Way di KM 47 Cikampek Berlaku sampai Pukul 08.00 Pagi Ini

Selain kewajiban vaksin, masyarakat juga diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) guna menghindari lonjakan kasus Covid-19 pasca lebaran.

Muhadjir menambahkan, pemerintah telah menjamin perjalanan mudik aman dan lancar termasuk ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM), gas elpiji, dan bahan pokok.

“Kita berupaya betul menjamin bahwa perjalanan ini, baik ketika berangkat maupun kembali lagi akan lancar selamat dan betul-betul mendapatkan kegembiaraan bertemu dengan sanak saudara,” jelasnya.

Sementara itu Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Gatot E. Pramono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pos pengamanan, pos pelayanan terpadu. Di lokasi tersebut juga disediakan gerai vaksinasi, terutama di titik keramaian dan kerawanan.

“Dengan menurunkan 144.392 personil, kita juga akan melakukan cipta kondisi sebelum dan sesudah operasi ketupat terhadap gangguan keamanan yang mungkin muncul dan melakukan percepatan vakinasi,” kata Gatot.

Baca Juga  "Selamat Mudik, Hati-hati di Jalan" Ucap Jokowi

Ia juga menyampaikan, dalam rangka percepatan vaksinasi untuk wilayah Jabodetabek diharapkan satu minggu sebelum lebaran vaksinasi booster sudah mencapai 50 persen. Kemudian daerah tujuan mudik seperti Lampung, Jawa Tengah, Jaw Barat, Jawa Timur dan Jogjakarta ditargetkan booster sudah mencapai 30 persen.

“Percepatan vaksinasi ini kita lakukan bersama-sama dari Kementerian Kesehatan, Satgas, teman-teman TNI dan stakeholder terkait lainnya. Harapan kita tentunya ketika masyarakat nanti pulang ke kampungnya dan kembali tidak ada lonjakan Covid-19,” pungkasnya. (jp/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *