Pemuda Desa Cogreg Gelar Pelatihan Modernasi Agama di Kampung Pancasila

by -
KOMPAK-Para pemuda di Desa Cogrek berfoto bersama tokoh lintas agama

METROPOLITAN.id – Pemuda di Desa Cogreg, Kecamatan Ciseeng, mengikuti kegiatan Pelatihan Organisasi dengan tema besar Modarasi Agama. Pelatihan itu  merupakan rangkaian kegiatan buka puasa bersama yang digagas oleh pemuda setempat bersama majelis dan tokoh beberapa agama di Kampung Pancasila, RT05/07, Desa Cogreg, Kecamatan Parung,  pada 22 April 2022.

“Acaranya adalah buka puasa bersama, santunan dan pelatihan organisasi serta moderasi agama. Bertujuan untuk memperkuat kualitas pemuda khususnya pada pemahaman tentang toleransi antar umat beragama,” kata Ketua Panitia, Fajar.

Ia mengaku telah berkomunikasi dengan para tokoh masyarakat. Yang dimaksud antara lain adalah tokoh agamawan , Islam, Budha, Kristen, Kongucu dan Hindu.

“Pengelola Cetiya sudah mengizinkan. Termaksud juga pemerintah desa hingga RT,” tukasnya.

Lebih lanjut Fajar menjelaskan, kegiatan pelatihan berlangsung selama tiga hari, tanggal 22-24 April 2022.

Baca Juga  Menapaki Puncak, Inter Milan Kembali Bakal Diadang AC Milan?

“Kami menargetkan para pemuda memahami organisasi sekaligus mampu menjadi organisatoris yang toleran,” tukasnya.

Menurut dia, terdapat gerakan besar yang hendak mengadu domba antar umat beragama. Dibuktikan dengan banyaknya propaganda yang menyudutkan, menghina agama satu dengan lainnya.

“Dalam pemahamannya keislaman dan organisasi kami yakin dapat mencetak toleransi individu. Yang menjadi bagian masalah solusi SARA,” beber Fajar.

Dukungan pun mengalir dari pemerintah desa setempat. Kepala Desa Cogreg, Mad Yusuf membenarkan adanya kegiatan tersebut. Menurutnya, pemerintah desa memiliki kewajiban untun mendukung kegiatan positif warganya.

“Kegiatan itu berjalan sepengetahuan pemerintah desa. Karen positif maka kami dukung,” ucapnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut berlangsung sejak Pukul 15.00. Dalam acara pembukaan, terdapat orasi keagamaan yang disampaikan para tokoh antar umat beragama antara lain, Islam, Kristen, Buddha dan Konghucu.(*/eka)

Baca Juga  Nikita Mirzani Labrak Elza Syarief, Hotman Paris Beberkan Kronologi

Leave a Reply

Your email address will not be published.