Ramadan, Gerai Vaksinasi di Bogor Tetap Buka Tiap Hari

by -
Ilustrasi vaksin. (Arifin/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Selama Ramadan, gerai vaksinasi di Polres Bogor dan polsek-polsek yang ada di Kabupaten Bogor tetap buka tiap hari. Masyarakat bisa mengikuti vaksinasi dosis 1, 2 maupun booster.

Gerai vaksinasi Polres Bogor berada di Klinik Pratama Polres Bogor. Sementara gerai lainnya tersebar di seluruh polsek se-Kabupaten Bogor.

Masyarakat dari berbagai kalangan mulai anak-anak, orang dewasa, hingga lansia yang belum divaksin bisa memanfaatkan gerai-gerai vaksin yang ada.

Untuk waktu operasinya, Senin hingga Sabtu pukul 08.30 WIB hingga 21.00 WIB.

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin berharap lewat fasilitas vaksinasi Polres Bogor dan jajarannya ini dapat mempermudah masyarakat yang ingin menjalani vaksinasi di bulan suci Ramadan.

Baca Juga  Seorang Petugas PPSU yang Hanyut Saat Bertugas Belum Ditemukan

Terlebih, saat ini pemerintah telah melonggarkan aturan perjalanan luar negeri maupun dalam negeri, termasuk perjalanan mudik lebaran 2022/1443 H. Adapun salah satu syaratnya ialah harus telah menjalani vaksinsi booster.

Iman menjelaskan, masyarakat yang sudah menjalani vaksin booster tidak lagi diwajibkan melakukan tes PCR maupun antigen saat melakukan perjalanan.

Sementara bagi masyarakat yang baru menerima vaksin dosis kedua, tetap diwajibkan untuk menjalani tes antigen dengan sampel diambil maksimal 1×24 jam dan atau PCR 3×24 jam.

Untuk masyarakat yang baru menerima dosis pertama vaksin, tetap disyaratkan PCR dalam kurun waktu 3×24 jam. Sedangkan bagi yang memiliki komorbid dan tidak dapat divaksin,¬†wajib tes PCR 3×24 jam ditambah surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Baca Juga  Kacau, Dua Sejoli Ini Curi Kotak Amal Masjid dan Ponpes di Warteg

“Sedangkan untuk anak usia kurang dari 6 tahun tidak diberlakukan testing, namun wajib adanya pendamping perjalanan dan tidak wajib menunjukkan hasil test rapid antigen maupun PCR,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.