Sambut Indonesia Emas 2045, Gus Udin Ajak Milenial Bogor Tingkatkan Skil

by -

METROPOLITAN.id – Anggota Tim Percepatan Pembangunan Strategis Kabupaten Bogor, Saepudin Muhtar mengajak kaum milenial di Bogor meningkatkan skil atau kemampuan. Hal itu demi menyongsong Indonesia Emas pada 2045 mendatang.

Pria yang karib disapa Gus Udin ini mengatakan, Indonesia pada tahun 2045 akan memasuki masa keemasan karena genap berusia 100 tahun atau satu abad.

Menurutnya, kunci kesuksesan melewati Indonesia Emas 2045 itu terletak pada anak muda dan bonus demografi, yakni 70 persen jumlah penduduk Indonesia dalam usia produktif 15-64 tahun).

“Bonus demografi bukanlah musibah namun anugerah. Kuncinya, meningkatkan kualitas atau kompetensi SDM dengan keahlian, keterampilan, serta kekreatifan agar mampu bersaing di era digitalisasi,” ujar Gus Udin saat menjadi Key Note Speaker dalam acara talk show bertajuk ‘Man of Future & Man of Inovator’ yang digelar Civil Society Institute di Citeureup, Sabtu (16/4).

Baca Juga  Setwan Belum Terima Surat Konsultasi Bos Pdam

Dosen Ilmu Politik Universitas Djuanda (Unida) Bogor ini melihat ada hal menarik saat bicara soal kompetensi SDM. Menghadapi Indonesia Emas bukan lagi hanya berbicara tentang pendidikan, tetapi sertifikasi kompetensi yang dimiliki.

“Artinya, nanti para pemuda tidak lagi akan ditanya lulusan dari kampus mana, tapi punya kemampuan atau skil apa,” ungkapnya.

Untuk itu, kandidat Doktor Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Jakarta ini mengajak kepada pemangku kebijakan terkait untuk bersinergi mencapai Indonesia Emas 2045.

“Untuk itu sinergi sedari dini dari berbagai stakeholder sangat diperlukan. Tidak bisa bekerja sendiri, semua harus bekerjasama mempersiapkan potensi anak muda saat ini. Because there is no ‘I’ in team,” tandas Gus Udin. (fin)

Baca Juga  Ramai-Ramai Diserbu Warganet, Bima Arya Diingatkan Kematian, Azab hingga Didoakan Terus Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *