Wow.. Sudah Dapat Jatah Libur Cuti Bersama Idul Fitri, ASN Kota Bogor juga Boleh Tambah Cuti

by -
ILUSTRASI Balai Kota Bogor. (Foto:Sandika/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Selain diperbolehkan kembali melakukan mudik, Aparatur Sipil Negara (ASN) juga mendapat ‘hadiah’ cuti bersama pada hari raya Idul Fitri tahun ini. Termasuk ASN Kota Bogor.

Tak cuma itu, para abdi negara di Kota Bogor juga rupanya bisa menambah jumlah libur di luar jatah cuti bersama yang didapatkan pada Idul Fitri tahun ini.

Artinya, ASN Kota Bogor bisa menikmati masa libur cuti bersama lebih dari waktu yang ditentukan, yakni 29 April hingga 6 Mei 2022.

Menurut Kepala Bidang Formasi Data dan Kepangkatan Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bogor, Aries Hendardi, ASN Kota Bogor diperbolehkan mengajukan cuti di luar waktu cuti bersama yang sudah ditentukan pemerintah pada masa libur Idul Fitri mendatang.

Baca Juga  Besok Perjalanan Umrah Mulai Dibuka

“Ada cuti bersama yang ditetapkan pemerintah, ditindak lanjuti oleh Bagian Organisasi Setda Kota Bogor, yakni penerapan waktu 29 April hingga 6 Mei 2022,” katanya kepada awak media, Kamis (21/4).

Menindaklanjuti surat edaran Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) nomor 13 tahun 2022 tentang cuti pegawai ASN selama libur nasional tersebut, BKPSDM Kota Bogor juga mengeluarkan surat edaran.

Yakni terkait dibolehkannya cuti ASN sebelum dan sesudah hari raya Idul Fitri.

“Kalau dulu kan nggak boleh. Karena sudah cuti bersama, ASN dilarang penambahan cuti. Sekarang silahkan saja. Mungkin pertimbangannya, lalu lintas bisa krodit kalau bareng semua. Mungkin dengan begitu lalu lintas arus mudik bisa lancar,” jelas Aries.

Baca Juga  Pelaku Usaha Harus Terapkan Protokol Kesehatan, Siap-siap Ditutup Jika Melanggar

Kebijakan itu, kata dia, tetap mengacu dan mengutip aturan yang dikeluarkan pemerintah pusat untuk daerah.

“Jadi hampir sama,” tukasnya.

Ia mencontohkan, dalam aturannya ASN dibolehkan mengajukan jatah cuti maksimal 12 hari per tahun. Sehingga, jika pada tahun ini seorang ASN belum mengajukan cuti, yang bersangkutan bisa saja mengajukan cuti pada saat sebelum atau sesudah Hari Raya Idul Fitri.

Sehingga, jumlah waktu libur Idul Fitri-nya pun bertambah karena diakumulasikan dengan cuti bersama.

Namun, kata Aries, dibolehkan atau tidaknya ASN mengajukan cuti tambahan saat Idul Fitri sangat tergantung pada izin pimpinan OPD.

“Tergantung ACC atasan langsung, itu menentukan. Melihat kebutuhan pelayanan lah, jangan sampai juga semua dibolehkan cuti, ya kantor kosong dong,” ucapnya.

Baca Juga  "Mari Kita Bantu Presiden untuk Jaga Kerukunan" Ucap SBY

Sejauh ini, ia mengakui sudah ada beberapa ASN yang mengajukan cuti karena alasan penting sakit. Namun, pihaknya belum melakukan rekapitulasi ajuan cuti libur tambahan hari raya.

“Cuti karena alasan penting sakit sih sudah ada. Cuma cuti (tambahan) hari raya belum kita rekap,” tuntas Aries. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *