19.711 Peserta Ikut UTBK di IPB University

by -

METROPOLITAN – IPB Uni­versity menjadi salah satu penyelenggara Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Per­guruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022. Pelaksanaan UTBK di IPB University tahun ini berlangsung 14 hari di Kampus Dramaga dan Cili­bende.

Wakil Rektor Bidang Pendi­dikan dan Kemahasiswaan, Prof Drajat Martianto, menje­laskan, penyelenggaraan UTBK ini dibagi dalam dua gelombang. Gelombang per­tama akan dilaksanakan pada 17-23 Mei 2022. Sementara UTBK gelombang 2 akan dilaks­anakan 28 Mei hingga 3 Juni 2022. “IPB University memfa­silitasi 19.711 peserta UTBK 2022. Dengan rincian, 19.132 peserta kelompok ujian Sain­tek/Soshum dan 579 peserta Campuran,” ujar Drajat, ke­marin.

UTBK 2022, sambung Drajat, dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kese­hatan. IPB University juga telah menyiapkan QR Code PeduliLindungi di setiap lo­kasi ujian. Terdapat 28 ruangan di setiap sesi ujian. Peserta wajib meng-install aplikasi peduli lindungi di smartpho­ne masing-masing.

Baca Juga  IPB Kembali Gelar Forum Silaturahmi Alumni

Ia menyebutkan, ada keten­tuan syarat antigen dalam pelaksanaan UTBK di IPB Uni­versity tahun ini. Bagi peserta yang sudah vaksin lengkap (vaksin 1 dan vaksin 2) dan booster, tidak perlu melampir­kan hasil swab antige atau PCR. “Bagi yang sudah vaksin per­tama dan kedua, namun belum melakukan vaksin booster, wajib melampirkan hasil swab antigen yang berlaku 1×24 jam,” terangnya.

Ia melanjutkan, ketentuan berbeda bagi peserta yang belum vaksin lengkap atau belum sama sekali melakukan vaksinasi. Peserta yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama, wajib melampirkan hasil PCR yang berlaku 3×24 jam. “Adapun untuk peserta yang sama sekali belum vaksin, wajib melampirkan hasil PCR yang berlaku 3×24 jam serta surat dokter dari rumah sakit pemerintah yang menuliskan alasan tidak divaksin,” sebut­nya.

Baca Juga  Gandeng IPB Tingkatkan Pangan Indonesia

Drajat juga mengimbau para peserta mematuhi aturan 5M. Hal tersebut sebagai upaya antisipasi pencegahan selama kondisi pandemi belum ber­akhir saat ini. “Kami berharap peserta patuh dalam melaks­anakan protokol kesehatan dan mengikuti seluruh aturan yang diterapkan selama penyel­enggaraan UTBK di IPB Uni­versity. Seluruh langkah ini merupakan bentuk komitmen dan upaya IPB University un­tuk saling melindungi, baik peserta maupun panitia penyel­enggara dari penularan Co­vid-19,” katanya. (rep/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.