Bu Risma Minta Korban Selamat Longsor Cijeruk yang Akan Melahirkan Dibuatkan BPJS

by -

METROPOLITAN.id – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi keluarga korban longsor di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Ssnin (23/5) malan. Salah satu permintaannya adalah agar camat setempat mengurus BPJS keluarga korban, khususnya yang akan melahirkan.

Longsor tersebut menyisakan duka mendalam. Empat warga meregang nyawa akibat tertimpa reruntuhan. Sementara lima warga lainnya yang rumahnya ikut tertimbun berhasil selamat.

Satu dari lima warga yang selamat adalah Fitri. Perempuan 32 tahun itu rupanya tengah hamil delapan bulan. Namun sang suami tak dapat diselamatkan dan ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Mensos Risma juga menaruh perhatian terhadap Fitri. Ia telah meminta camat dan kepala desa setempat untuk membantu mengurus BPJS untuk Fitri.

Baca Juga  22 Mayat Terbawa Longsoran

Risma berharap dengan adanya BPJS segala biaya persalinan dan paska persalinan bisa ditanggung pemerintah.

“Tadi saya juga minta bantuan Pak Camat dan Pak Kades untuk membantu pengurusuan BPJS karena ibu (Fitri) akan melahirkan sebulan lagi. Sehingga saat melahirkan nanti bisa dibantu pemerintah untuk biaya persalinan maupun pengobatan selama melahirkan,” ujar Risma.

Dalam kunjungannya, Risma juga memberikan sejumlah bantuan untuk keluarga korban. Tak hanya itu, Risma berjanji akan mengirimkan peralatan sekolah dan pakaian kepada anak-anak keluarga korban longsor tersebut

“Kalau dari kami memang ada bantuan sosial Rp15 juta per jiwa. Namun kami juga akan bantu adik-adik ini untuk peralatan sekolah. Kata ibunya juga pakaian sehari-hari. Kami akan kirim,” ungkap Risma.

Baca Juga  Temui Bocah Pengidap TBC Tulang Belakang, Mensos Risma Lupa Bawa Mainan

Tak hanya itu, Risma mengaku akan mengirimkan petugasnya untuk membantu pemulihan trauma atau trauma healing paska bencana.

“Tadi katanya trauma, saya pikir semuanya juga pasti trauma karena saat peristiwa itu sangat berat. Jadi mungkin nanti saya akan kirim petugas untuk melakukan trauma healing untuk mengurangi traumanya,” sambungnya

Terakhir, Risma meminta masyarakat mewaspadai potensi bencana. Sebab, hujan deras diprediksi masih akan terjadi.

“Kita memang harus tetap waspada karena cuaca seperti ini dan ramalannya memang hujan akan cukup deras karena ada anomali dampak global warming. Karena itu, saya berharap, terutama untuk warga sekitaf sini, kalau waktu hujan deras mungkin sementara bisa di luar untuk menghindari adanya korban lagi,” tandas Risma. (fin)

Baca Juga  7 Misteri Gunung Ciremai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *