Curah Hujan Tinggi, Sudah 563 Warga Kota Bogor Kena DBD

by -

METROPOLITAN.id – Curah hujan yang belakangan sering turun pada sore hingga malam hari wilayah Kota Bogor berbanding lurus dengan meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Hingga pertengahan Mei ini saja, sudah ada 52 kasus DBD di Kota Bogor. Dari catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, memang ada peningkatan jumlah kasus DBD bila dibandingkan sejak beberapa bulan lalu atau sejak awal tahun.

Pada Januari 2022, kasus DBD di Kota Bogor mencapai 129 kasus. Lalu turun pada Februari dengan 75 kasus. Tren kembali melonjak pada Maret dan April 2022 dengan jumlah kasus DBD mencapai 155 dan 152 kasus.

Terakhir, hingga pertengahan Mei ini, sudah ada 52 kasus DBD yang terlapor ke Dinkes Kota Bogor. Bahkan, satu kasus diantaranya dilaporkan meninggal dunia.

Baca Juga  Asyik Liputan, Ponsel Naufal Diambil Paksa Sekuriti Stasiun Maseng

“Sampai 15 Mei 2022, tercatat 52 kasus, dengan satu kematian,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bogor Erna Nuraena, Senin (16/5).

Pihaknya mengakui ada tren peningkatan kasus DBD selama beberapa bulan terakhir. Pihaknya pun mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit yang ditularkan nyamuk aedes aegypti itu.

Ia mengimbau masyarakat agar peduli terhadap penyakit ini dan tidak tertutup isu Covid-19. Apalagi DBD lebih berbahaya, Sehingga peningkatan untuk Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) harus kembali digiatkan.

“Kami audah melakukan PSN, dimulai dari tingkat kecamatan dan puskesmas. Dinkes sudah menginstruksikan masyarakat melalui kecamatan dan puskesmas untuk menggalakkan kembali PSN,” ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat tetap menjaga kebersihkan lingkungan. Termasuk pemberantasan sarang nyamuk, hingga jentik nyamuk, baik di tanaman-tanaman maupun talang air.

Baca Juga  Bos Gurandil Disikat, Omsetnya Capai Rp1,2 Miliar

“Prinsipnya saat musim hujan jangan sampai ada genangan. Nyamuk pembawa virus DBD itu berkembang biak di genangan,” tutupnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *