Dewan Minta Pemkab Bogor Serius Layani Masyarakat Disektor Kesehatan

by -
Ketua DPD Golkar Kabupaten Bogor Wawan Haikal

METROPOLITAN.id – Minimnya fasilitas kesehatan yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor rupanya menjadi perhatian serius Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Wawan Haikal.

Hal itu lantaran tidak seimbangnya jumlah penduduk dengan jumlah fasilitas kesehatan yang ada. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah rumah sakit umum yang ada di Kabupaten Bogor berjumlah 28 dan 101 untuk Puskesmas.

Menurutnya Pemkab Bogor harus serius memperhatikan masyarakatnya dari aspek kesehatan, karena dengan minimnya fasilitas kesehatan yang dimiliki Pemkab Bogor tersebut tak sedikit masyarakat yang lari ke kota lain hanya untuk berobat.

“Kasihan mereka berobat jauh-jauh hanya karena pelayanan kesehatannya minim di Kabupaten Bogor ini,” ujarnya.

Baca Juga  Gugur di Fase Grup, Eduard Tjong Evaluasi Permainan Timnas U-19

Ia juga meminta agar Pemkab Bogor segera menyelesaikan pembangunan RSUD di Kabupaten Bogor bagian Utara. Karena hingga saat ini belum ada pelayanan kesehatan yang mempuni di wilayah tersebut.

“Disana hanya ada beberapa rumah sakit swasta yang kapasitasnya sangat terbatas. Sisanya puskesmas di kecamatan dengan peralan dan SDM yang terbatas juga. Belum ada rumah sakit milik pemerintah diwilayah tersebut,” paparnya.

Kehadiran RSUD, lanjut dia, merupakan bentuk kehadiran pemerintah di tengah masyarakat. Sehingga dengan tidaknya ada RSUD di wilayah utara, wajar jika masyarakat memepertanyakan kehadiran pemerintah saat ini.

Apalagi jika melihat rasio jumlah penduduk dengan jumlah pelayanan kesehatan tidak seimbang. Dimana jumlah penduduk Kabupaten Bogor sekitar 6 juta jiwa, sedangkan jumlah rumah sakit umum 28, rumah sakit spesialis 1, puskesmas 101 dan puskesmas pembantu 123. (mam)

Baca Juga  Perut Anda Pernah Terasa Panas? Ini Penyebabnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *