Dukung Pelaku Usaha Bogor, Perumda Tirta Pakuan Berikan Diskon Pemasangan Baru buat UMKM

by -
Direktur Umum Perumda Tirta Pakuan Rivelino Rizky. (IST)

METROPOLITAN.id – Mendukung kebangkitan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pasca pandemi Covid-19 Kota Bogor, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor memberikan diskon pemasangan baru untuk pelaku UMKM.

Diskon yang diberikan Perumda Tirta Pakuan cukup besar, yaitu mencapai hingga 70 persen dari biaya normal pemasangan ketegori niaga.

Diskon besar-besaran ini berlaku mulai 11 Mei hingga 30 Desember 2022, syaratnya foto copy KTP, nomor pelanggan terdekat, materai 10 ribu satu dan tentunya syarat utama jenis atau klasifikasi usaha dalam kategori niaga 1.

Direktur Umum (Dirum) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rivelino Rizky mengatakan, untuk klasifikasi yang lebih jelas terkait UMKM niaga 1 seperti apa masih dalam kajian, sementara ini padanhan harus bisa membuktikan golongannya jelas niaga satu.

Baca Juga  "Reforma Agraria Untuk Meningkatkan Lahan Produktif" Ucap Jokowi

“Kriteria yang bisa mendapatkan diskon untuk saat ini adalah warung kecil dan lain-lain. Yang seharusnya mereka bayar sekitar Rp3,7 juta. Nah ini kami samakan dengan golongan rumah tangga bayarnya sekitar Rp1,3 juta. Tetapi tarifnya tetap niaga satu,” katanya kepada wartawan, Selasa (24/5) siang.

Rivelino memaparkan, program ini bertujuan untuk membangkitkan UMKM di Kota Bogor pasca pandemi.

“Yang bisa kami lakukan adalah kami buka pemasangan baru tarif niaga 1 tapi biaya Pasang Baru (PB)-nya rumah tangga,” paparnya.

Rivelino menjelaskan, untuk kuotanya tidak batasi tapi jangka waktunya hingga akhir tahun 2022, bagi UMKM yang sewa tempat juga diperbolehkan asal bisa mempertanggungjawabkan.

“Jadi diharapkan PB UMKM meningkat, untuk yang diperbolehkan yaitu kategori warung kecil, kios kecil, rumah makan kecil, bengkel kecil, salon, pusat kerajinan, koperasi, gudang, klinik kecil dan usaha sejenis lainnya yang masuk kategori UMKM. Kami ini mendukung program pemerintah dalam upaya membangkitkan UMKM di Kota Bogor yang tengah tumbuh,” jelasnya.

Baca Juga  ALBUM BARU TULUS BELUM BANYAK DIDENGAR

Diharapkan juga, sambung dia, nantinya UMKM cuci motor atau cuci mobil bisa menggunakan air Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor. Jadi dimasukan kedalam kategori UMKM juga cuci motor dan mobil.

“Tentunya hal ini juga bisa meningkatkan pendapatan Tirta Pakuan dengan bertambahnya pelanggan baru,” pungkasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *