Ini Instruksi Pemkab Bogor Soal Penanganan Longsor Maut di Cijeruk

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor langsung menggelar rapat terkait penanganan longsor maut yang terjadi di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Rapat digelar di Kantor Kecamatan Cijeruk dipimpin langsung Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Senin (23/5).

Camat Cijeruk, Bangun Sapta Siswa mengatakan, setidaknya ada tiga instruksi yang dikeluarkan Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan dalam upaya mempercepat penanganan korban bencana di Desa Cipelang.

Pertama, Iwan meminta jangan sampai korba bencana longsor tersebut tidak mendapat bantuan dan tidak mendapat kelayakan dalam melanjutkan hidup.

“Plt Bupati juga memerintahkan DPKPP untuk melakukan langkah-langkah agar korban bencana mendapat bantuan sewa rumah selama 3 bulan ke depan atau dapat diperpanjang sampai mereka mendapatkan rumah yang dibangunkan pemda,” ujar Bangun Sapta.

Baca Juga  Bupati Bogor Ade Yasin Positif Covid-19

Kedua, Plt Bupati menginstruksikan segera dibangunkan rumah di lokasi yang layak sehingga keluarga korban bisa menempati secara permanen.

“Untuk pembangunan karena ade permintaan dari pihak korban untuk relokasi, kami masih mencarikan solusinya,” lanjutnya.

Ketiga, Plt Bupati memerintahkan jajarannya segera mencari lahan relokasi untuk warga terdampak bencana tersebut.

“Alhamdulillah beliau sangat support. Yang pasti beliau ingin tidak ada riak-riak bahwa korban tidak dapat bantuan. Semua harus mendapat bantuan,” ungkap Sapta.

Menurut Sapta, tak hanya keluarga korban meninggal yang akan mendapat bantuan. Mereka yang terdampak tak langsung juga bakal mendapat perhatian dari Pemkab Bogor.

“Sekarang fokus ke korban dulu, tapi yg terdampak juga pasti diperhatikan. Kita juga akan menjaga amanah dari para donatur. Yang dibangunkan rumah ada 2 unit. Nanti yang lainnya menyesuaikan apakah tetap di situ atau ikut dipindahkan,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.