Jalur Puncak Macet, Masyarakat Harus Cermat Atur Waktu Perjalanan

by -

METROPOLITAN.id – Kepadatan kendaraan di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor diprediksi masih akan terjadi hingga akhir pekan nanti. Masyarakat pun harus cerdas mengatur waktu perjalanan agar tak terjebak kemacetan panjang.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana meminta masyarakat agar mempedomani informasi-informasi yang diberikan kepolisian. Ia tak memungkiri animo masyarakat berwisata ke Puncak Bogor sangat tinggi.

“Beban jalannya tidak bisa dilakukan secara normal, sehingga kepolisian melakukan diskresi. Diskresi yang biasa dilakukan dengan memberikan prioritas jalan ke jalur atas atau oneway. Sehingga saudara kita yang akan jalan-jalan ke tempat wisata bisa berjalan aman dan lancar,” ujar Suntana saat meninjau kondisi jalur Puncak di Pos Pelayanan Simpang Gadog, Kamis (5/5).

Menurutnya, informasi oneway juga disampaikan agar masyarakat bisa mengatur waktu perjalanan. Jika oneway ke atas (dari Jakarta ke Cianjur) diberlakukan, masyarakat yang hendak turun bisa mengambil alternatif jalur lain atau bisa menunda perjalanan.

Baca Juga  Hanya 25 Menit di Mabes Polri, Ahok Keluar Lambaikan Tangan

“Begitu juga sore harinya akan kita balik (oneway), tergantung dinamika lalu lintas, sore akan kita turunkan lagi ke bawah. Sehingga saudara-saudara kita dari Jakarta yang akan berangkat ke Bogor juga bisa menyesuaikan waktu setelah ine way ke bawah selesai,” ungkapnya.

Suntana menjelaskan, kedatangannya ke Bogor untuk memastikan arus wisata di Bogor, khususnya di kawasan Puncak, berjalan aman dan lancar.

“Ini hari ketiga setelah Idul Fitri, kita sedang melaksanakan Operasi Ketupat, khususnya mengantisipasi arus balik dari wilayah Bandung dan wilayah Jawa Tengah, baik yang melewati jalan tol maupun non-tol. Ditambah kita harus memberikan kenyamanan dan keamanan lalu lintas kepada saudara kita yang merayakan Idul Fitri dengan datang ke tempat wisata,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.