Jamaah di Atas 65 Tahun ’Haram’ Berangkat

by -
Ilustrasi

Tahun ini Kabupaten Bogor mendapatkan kuota haji sebanyak 1.570 orang. Namun, mereka yang diperbolehkan berangkat adalah jamaah yang usianya di bawah 65 tahun. Keputusan tersebut ditetapkan langsung Pemerintah Arab Saudi. Selain itu, Pemerintah Arab Saudi juga masih membatasi jumlah jamaah haji dari seluruh dunia.

KASI Haji Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Muslimin, mengatakan, se­cara nasional calon jamaah haji sudah masuk ke asrama haji sejak 3 Juni 2022. Mereka rencananya diterbangkan besok.

Ia berharap jamaah haji yang masuk usia 65 tahun pada 30 Juni 2022 tidak kecewa ka­rena belum bisa berangkat. Yang jelas, aturan yang dikelu­arkan Pemerintah Arab Sau­di itu hanya menunda bukan membatalkan.

Baca Juga  Sukses Jaring 8.000 Jamaah

Ia pun mengaku masih menunggu informasi lanjutan soal aturan-aturan terbaru yang dikeluarkan pemerintah. “Ditunda keberangkatannya ya, bukan batal. Tapi kita be­lum menerima informasi lagi yang terbaru seperti apa,” terangnya. Padahal sebelum pandemi, ia menjelaskan ba­hwa lansia masuk prioritas untuk diberangkatkan. “Tapi sekarang peraturannya ber­beda,” sambung Muslimin.

Menurutnya, sebanyak 1.570 orang yang diberangkatkan tahun ini merupakan calon jamaah haji yang telah melu­nasi Ongkos Naik Haji (ONH) pada 2020 sebelum pelaks­anaan ibadah haji ditutup sementara. (fin/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.