Kota Bogor Diprediksi Macet sampai H+6 Lebaran, Ini Skema yang Bakal Dilakukan Polisi

by -

METROPOLITAN.id – Satlantas Polresta Bogor Kota memprediksi kemacetan di Kota Bogor akan terjadi sampai H+6 Lebaran 2022 atau Minggu (8/5).

Kemacetan terjadi imbas arus balik mudik Lebaran hingga warga yang ingin berwisata di wilayah Kota Bogor.

Mengantisipasi kemacetan tidak berlangsung lama, jajaran kepolisian di Kota Bogor telah memiliki beberapa skema yang akan dilakukan.

Diantaranya, memberlakukan rekayasa lalulintas di pintu masuk gerbang Tol Bogor dengan mengalihkan kendaraan yang hendak masuk ke Kota Bogor, menuju simpang Ekalokasari lalu berputar mengarah Baranangsiang dan seputaran SSA.

Kedua, apabila rekayasa lalulintas di pintu masuk gerbang Tol Bogor sudah dilakukan namun seputaran SSA masih tetap terjadi penumpukan kendaraan, maka aparat kepolisian akan memberlakukan pengalihan arus kendaraan yang hendak masuk ke Kota Bogor melalui akses Tol.

Baca Juga  Airlangga Sebut Sulsel Sebagai Jangkar Golkar untuk Menang Mutlak di Indonesia Timur

“Jadi, SSA ketika sudah penuh maka interchange akan ditutup dan kendaraan yang mau masuk ke Kota Bogor via akses Tol dipusatkan lewat ke Simpang BORR,” kata Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria kepada wartawan, Jumat (6/5).

Selain itu, menurut Kompol Galih, memang lokasi wisata merupakan salah satu faktor penyumbang kepadatan arus lalulintas di Kota Bogor.

Untuk itu, pihaknya akan memberlakukan rekayasa di tempat-tempat wisata, khususnya di kawasan Kebun Raya Bogor (KRB) dan Bogor Nirwana Residen (BNR).

“Khusus KRB ketika terjadi kepadatan pengujung kita akan lakukan rekayasa dengan mengalihkan lokasi masuk dari Pintu Utama ke Pintu 3, sehingga kepadatannya bisa terurai,” ucap dia.

Baca Juga  Tottenham Tertinggal, Dele Alli Mengamuk Sampai Banting Botol

“Kalau BNR, kita lakukan cara bertindak sepenggal, artinya kendaraan yang keluar dari BNR hanya bisa belok kiri ke arah Empang,” sambugnya.

Untuk mensukseskan skema yang telah dibuat, ditambahkan Kompol Galih, pihaknya akan menerjunkan sebanyak 143 anggota Satlantas dibantu jajaran Polresta Bogor Kota, TNI, Dishub, Satpol PP dan Dinkes Kota Bogor dalam mengamankan libur Lebaran 2022 ini.

“Kami akan siaga penuh untuk mengamankan libur lebaran. Semoga mudik aman, sehat dan dapat terlaksana dengan baik,” tandasnya. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *