Kunci Terhindar dari Macet di Puncak Bogor, Atur Waktu Perjalanan

by -
Kemacetan di Jalur Puncak Bogor. (Foto: Arifin/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Masyarakat yang ingin ke Puncak, Kabupaten Bogor diminta mengatur waktu perjalanan. Hal ini penting dilakukan agar tak terjebak kemacetan.

“Sesuaikan degan waktu dimana kami memberlakukan one way, baik ke arah Jakarta maupun ke arah Puncak. Hal ini dimaksudkan untuk tidak menghabiskan waktu penyekatan terlalu lama,” ujar Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin.

Menurutnya, Polres Bogor telah menginformasikan jadwal one way di Jalur Puncak Bogor. Jadwal tersebut bisa menjadi patokan masyarakat untuk mengatur waktu perjalanannya.

“Jadi kami sudah menginformasikan jam-jam atau waktu one way. Sehingga masyarakat bisa menyesuaikan degan jam tesebut. Apabila masyarakat bisa menyesuaikan dengan jam tersebut, insyaAllah masyarakat tidak terjebak kemacetan,” ungkapnya

Baca Juga  Kesbangpol Pantau Kegiatan 300 Anggota HTI

Tak kalah penting, Iman mengimbau masyarakat yang akan bepergian untuk mempersiapkan kesehatan pengendara maupun kendaraan yang akan digunakan.

“Kemudian tetap mematuhi prokes, saling menghormati dengan pengguna jalan yang lain, dan ikuti apa yang diarahkan oleh petugas,” pinta Iman.

Sebelumnya, kawasan Puncak, Kabupaten Bogor masih menjadi primadona tujuan wisata. Di H+5 Lebaran, Sabtu (7/6), sekitar 12 ribu kendaraan tercatat sudah masuk ke kawasan Puncak Bogor.

“Kalau untuk hari ini sekitar 12 ribuan kendaraan yang sudah mengarah ke atas (Puncak),” ujar Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin.

Menurutnya, selama tiga hari belakangan, terjadi penurunan volume kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak Bogor.

Baca Juga  Pemetaan Menggunakan Drone oleh Pemuda Desa? Siapa Takut!

“Dalam 3 hari terakhir ini, terjadi penurunan terus untuk volume kendaran. Sehingga situasi dan kondisi arus lalin di sepanjang Jalur Puncak masih bisa berjalan lancar dan aman,” ungkapnya.

Sejak pagi tadi pukul 7.30 WIB, pihaknya mulai melakukan pembersihan arus. Setelah itu one way ke atas atau arah Puncak dari Jakarta mulai diberlakukan hingga pukul 12.00 WIB.

“Pagi hari ini kami lebih cepat untuk pelaksanaan one way ke atas. Tadi pulul 7.30 kamis sudah mulai melakukan pembersihan, kemudian 8.30 seluruh arus yang menuju ke Puncak dari Jakarta sudah berlanjut satu arah,” terang Iman.

Menurutnya, langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan arus pada siang hari. Sebab diprediksi, siang ini menjadi Puncak arus menuju Jakarta.

Baca Juga  Susu Sapi Jadi Menu Favorit Sahur Keluarga Erwin

Saat ini, Polres Bogor telah memberlakukan one way arah turun atau arah Jakarta sejak pukul 13.00 WIB. One way ini direncanakan berlangsung hingga pukul 18.00 WIB. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.