Lelang Masjid Agung Rampung, Proyek Puluhan Miliar Kota Bogor Mulai Dikebut

by -
DILANJUT: Inilah salahsatu proyek pembangunan Majid Agung yang akan dilanjutkan dalam waktu dekat ini dengan sudah memasuki proses lelang. FADLI/METROPOLITAN

METROPOLITAN.id – Memasuki pertengahan tahun, beberapa proyek fisik Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bernilai miliaran rupiah disebut sudah merampungkan proses lelang.

Bahkan beberapa diantaranya sudah mulai pelaksanaan, sesuai instruksi Wali Kota Bogor Bima Arya yang ingin proyek besar mulai dilelang awal tahun 2022.

Menilik laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Bogor, beberapa pekerjaan fisik prioritas 2022 sudah selesai lelang.

Sebut saja lanjutan Pembangunan Perpustakaan Daerah (pagu anggaran Rp10 miliar) Pembangunan GOR Kecamatan di Kecamatan Bogor Selatan (Rp10,9 miliar) dan Utara (Rp10,9 miliar), kelanjutan Pembangunan Sekolah Satu Atap (Rp9,6 miliar) hingga kelanjutan Revitalisasi Masjid Agung (Rp26 miliar).

Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa (PBJ) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor Agnes Andriani Kartika Sari mengatakan, pembangunan Masjid Agung lanjutan sudah mendekati akhir dan sudah ada penetapan pemenang.

Baca Juga  Sering Berdebu, SDN Kebonpedes 7 Ngarep Bantuan

Saat ini, kata dia, sedang dalam proses penandatanganan kontrak.

“Sudah selesai di PBJ, posisi saat ini sudah proses tanda tangan kontra di Dinas PUPR (Pekerjaan Umum Penataan Ruang, red),” kata Agnes kepada Metropolitan.id, Senin (30/05) siang.

Dari dua penyedia jasa yang melakukan penawaran, PT Cipta Prima Selaras ditetapkan sebagai pemenang setelah melakukan penawaran Rp25,8 miliar.

Mengalahkan CV Utama Jaya yang melakukan penawaran Rp21,2 miliar, dari pagu anggaran senilai Rp26,2 miliar.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Pengelolaan Pengadaan Barang Jasa Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor, Undang Sulaiman menuturkan bahwa lelang pembangunan Masjid Agung sudah selesai dan tahap proses kontrak.

Baca Juga  Hadir di Sukabumi, Taufik Hidayat Sapa Peserta Wali Kota Cup 2022

“Saat ini sedang proses kontrak,” tandasnya.

Sejauh ini, sambung dia, program fisik prioritas wali kota untuk tahun 2022 sudah sebagian besar selesai lelang.

Diantaranya pembangunan Perpustakaan Daerah yang sudah mulai pelaksanaan, kemudian pembangunan GOR di dua kecamatan, Sekolah Satu Atap di Kelurahan Kencana hingga pembangunan lanjutan Masjid Agung, sudah selesai tender.

“Ya betul. Sebagian besar itu sudah selesai lelang. Untuk Perpustakaan Daerah sudah pelaksanaan di lapangan. Masjid Agung sedang tahap kontrak,” ujarnya.

Di tempat lain, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Bogor Agung Prihanto menuturkan, pembangunan tahap kedua Perpustakaan daerah sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu.

Setelah pembangunan dimulai pada tahun lalu untuk tahap pertama.

Baca Juga  Relokasi Kantor Jadi Cara WOM Finance Dekat dengan Masyarakat

“Iya tahap kedua. Pemenang tender sudah ada sejak April lalu, pemenangnya CV Ananda Azka Perkasa. Jadi sudah mulai dikerjakan,” paparnya.

Ia menjelaskan, pembangunan tahap lanjutan tahun ini meliputi pengecatan, interior, AC, studio dan lain-lain.

Untuk tahun ini, kata Agung, biaya yang harus dikeluarkan Pemkot Bogor untuk menyelesaikan pembangunan yakni Rp8,67 miliar.

“Untuk targetnya waktu pekerjaan itu tujuh bulan. Ya akhir tahun harusnya selesai. Nanti selain diisi buku, nanti ada galeri Kota Bogor, arena permainan anak yang edukatif hingga manuskrip yang akan kita kerja samakan dengan Arsip Nasional indonesia. Kalau kemarin itu kan masih buku saja,” tuntasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.