Lewat Anggaran Rp4,5 M, Taman Manunggal Segera Dipercantik dengan Mempertahankan Konsep Lapangan Sepakbola

by -
Kondisi lapangan Manunggal yang akan direvitalisasi menjadi Taman Manunggal pada tahun ini. (Foto:Fadli/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Sempat diwacanakan beberapa tahun lalu namun tidak terealisasi karena status lahan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) akhirnya bakal mewujudkan pembangunan Taman Manunggal di atas lahan Lapangan Manunggal, Jalan Manunggal, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Dana sebesar Rp4,5 miliar pun dialokasikan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor tahun 2022 demi proyek ini.

Menilik laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Bogor, ada 65 peserta lelang dengan 13 penyedia jasa yang melakukan penawaran. Proses lelang sendiri tengah dalam tahap evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis dan harga dari penawaran penyedia jasa.

“(Lelang) on proses. Kalau tidak ada kendala, melihat jadwal lelang, pada 9 Juni sudah penetapan pemenang. Jadi minggu-minggu ini terakhir proses lelang,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Keanekaragaman Hayati pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Irfan Zacky Faizal saat ditemui Metropolitan.id di Alun-Alun Kota Bogor, baru-baru ini.

Baca Juga  Gelar Silaturahmi, Aliansi Mahasiswa UIN Jakarta Bahas Pemberdayaan Mahasiswa

Menurutnya, konsep pembangunan Taman Manunggal tetap akan mempertahankan fungsi eksisting lahan sebagai lapangan sepakbola dengan ukuran mini standar nasional. Dengan material rumput sintetis.

Selain itu, pihaknya tetap akan memberikan ornamen sign name dengan nama ‘Taman Manunggal’, yang dibangun bersebelahan dengan Jalan Manunggal.

“Konsepnya tetap mempertahankan fungsi lapangan sepakbola. Ditambah pedestrian di sekeliling lapangan yang bisa dijadikan jogging track, tapi memang nggak pake rubber. Nanti akan dilengkapi taman kecil termasuk podium untuk penonton,” ujarnya.

Desain ini, kata dia, masih mirip dengan perencanaan pada 2018 lalu. Sayangnya saat itu masih terkendala lahan yang belum dihibahkan dari Kementerian Pertanian dan baru bisa terlaksana tahun ini.

Baca Juga  Terapkan Pertanaman CSA, Kabupaten Banjarnegara Tembus IP 300

“Ada perubahan desain sedikit. Konsepnya terbuka dengan memperbanyak ruang berinteraksi untuk warga. Ada podium untuk warga atau penonton berkumpul, termasuk ada zona foodcourt-lah,” tandasnya.

Dari sekitar 1,1 hektare yang dihibahkan kepada Pemkot Bogor, pembangunan Taman Manunggal akan menggunakan lahan 9.000-an meter persegi saja.

“Hibah kepada Pemkot Bogor sudah selesai pada Februari 2022. Berita acara sudah kami terima, makanya kami proses. Dulu kan batal karena tanahnya belum dihibahkan, sekarang bisa jalan,” tukas Irfan.

Jika proses lelang berjalan lancar dan sudah ada pemenang pada awal Juni, kata dia, maka pekerjaan bisa segera dilakukan. Proses pembangunan sendiri akan berjalan selama 5 bulan.

“Kalau lancar (tendernya), pekerjaan selama 5 bulan, ya targetnya pembangunan bisa selesai pada awal November 2022. Kita sih berharap tendernya lancar,” tuntas Irfan. (ryn)

Baca Juga  Rencana Penghapusan Honorer Bikin 6.997 Tenaga Non ASN di Kota Bogor Terancam Nganggur, Sekda : Bakal Ganggu Pelayanan Publik di Pemkot

Leave a Reply

Your email address will not be published.