Lewat REHAB, Peserta BPJS Kesehatan Bisa Cicil Tunggakan

by -

METROPOLITAN.id – BPJS Kesehatan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS. Kali ini inovasi yang dikembangkan BPJS Kesehatan menyasar peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU/Mandiri) dan peserta Bukan Pekerja (BP) yang menunggak iuran.

Program baru yang diluncurkan tersebut adalah Rencana Pembayaran Iuran Bertahap (REHAB). REHAB adalah program yang memberikan keringanan dan kemudahan bagi peserta segmen PBPU dan BP untuk melunasi tunggakan iurannya secara bertahap dan pengaktifan kembali Kartu/kepesertaan dalam program JKN.

“Selama ini kami banyak mendengar peserta tidak membayar tunggakannya karena sudah terlalu banyak tunggakannya, sehingga tidak sanggup untuk membayarnya (tunggakan) sekaligus,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bogor, Fahrurozi, baru-baru ini.

Baca Juga  Produksi Energi Listrik di PLTP Salak Didongkrak Hingga 390 Megawatt

“Sekarang peserta JKN-KIS segmen PBPU dan BP yang menunggak bisa mengangsur tunggakannya sehingga memberi kesempatan untuk dapat segera mengaktifkan kepesertaannya,” sambungnya.

Menurutnya, syarat dan ketentuan bagi peserta yang ingin mengikuti Program REHAB yaitu pertama, peserta memiliki tunggakan lebih dari 3 bulan (4-24 bulan). Lalu, mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN atau BPJS Kesehatan Care Center 165.

Kemudian, pendaftaran dapat dilakukan sampai dengan tanggal 28 bulan berjalan kecuali bulan Februari pendaftran sampai dengan tanggal 27. Dan terakhir, maksimal periode pembayaran bertahap adalah 12 tahapan.

“Pendaftaran Program REHAB sangat mudah, silahkan bukan aplikasi Mobile JKN lalu akan ada menu Rencana Pembayaran Bertap. Selanjutnya peserta dapat mengikuti arahan yang tertera,” ucap dia.

Baca Juga  John Kerry Marah-marah, Usik Manuver Jet Rusia di Suriah

“Kami mengimbau agar peserta yang mendaftarkan Program REHAB agar membaca dengan seksama ketentuan-ketentuan yang berlaku sebelum menyetujui mendaftar Program REHAB,” lanjutnya.

Dilanjutkannya, pembayaran tunggakan bertahap sudah termasuk memperhitungkan tunggakan untuk satu keluarga sehingga peserta tidak perlu melakukan pendaftaran Program REHAB untuk setiap anggota keluarga. Peserta juga tidak dikenakan bunga layaknya pinjaman ketika mengikuti program pembayaran iuran bertahap ini.

“Status kepesertaan peserta program pembayaran tunggakan iuran bertahap baru akan aktif ketika seluruh tunggakan dan iuran bulan berjalan telah lunas,” tandasnya. (rez) 

Leave a Reply

Your email address will not be published.