Penting, Guru TK Diminta Terus Tingkatkan Penguasaan Teknologi

by -

METROPOLITAN.id – Guru taman kanak-kanak (TK) diminta terus meningkatkat penguasaan teknologi komunikasi informasi dan literasi digital. Dengan demikian, para guru diharapkan mampu menciptakan pola pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

“Jadilah guru yang menyenangkan, yang mampu membangun budaya positif, menginspirasi, menjadi teladan dan menghasilkan murid-murid berkompetensi global dan berakhlak mulia,” ujar Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin usai seminar pemanfaatan media dan teknologi pembelajaran memperingati HUT Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) PGRI ke-72 wilayah Depok, Bogor, Cianjur, Sukabumi di Auditorium Sekretariat Daerah, Cibinong, Rabu (25/5).

Menurutnya, selain harus fokus pada perkembangan anak-anak, tantangan para pendidik saat ini harus mampu menyikapi cepatnya perkembangan teknologi dan derasnya arus informasi media digital.

Baca Juga  BIAYA SERTIFIKASI TANAH DIBANDEROL RP150 RIBU

Pasca pandemi Covid-19, harus dirumuskan pola pendidikan dengan mengedepankan esensi merdeka belajar dengan memanfaatkan teknologi dan media secara efektif dan bijaksana.

Untuk itu, Burhanudin menilai penguasaan kompetensi, khususnya dalam bidang teknologi, wajib dimiliki guru masa kini. Penyampaian materi yang dikombinasikan dengan komunikasi interaktif melalui media akan menciptakan pola pengajaran yang efektif dan berkualitas.

“Selanjutnya berkolaborasi dengan orangtua dalam menanamkan literasi digital, sehingga anak terhindar dari dampak negatif disrupsi digital dan pendidikan taman kanak-kanak bisa memperoleh lebih banyak manfaat kebaikan dari perkembangan teknologi tersebut,” ungkapnya.

Senada Ketua TP PKK Kabupaten Bogor, Halimatu Sadiyah Iwan mengatakan, pesatnya perkembangan teknologi dan akselerasi transformasi digital telah menimbulkan tantangan cukup kompleks pada dunia pendidikan di semua jenjang terkait pemanfaatan teknologi dan media secara efektif.

Baca Juga  Sempat Nelepon Sepupu Ingin Bawakan Makanan

Penataan sistem pembelajaran, kurikulum, teknologi, sarana prasarana, kesiapan SDM baik pendidik maupun peserta didik, hingga upaya untuk meredam dampak negatif disrupsi digital bagi anak-anak usia sekolah harus menjadi perhatian.

IGTKI diharapkan dapat terus meningkatkan sinergi dan kolaborasi dalam pembangunan pendidikan generasi masa depan melalui program kerja edukasi yang inovatif, kreatif dan berdaya ungkit bagi optimalisasi potensi anak-anak bangsa.

“Guru taman kanak-kanak merupakan profesi yang sangat mulia dan penuh dengan tantangan, dimana pendidikan difokuskan pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Semoga IGTKI semakin maju dan lebih banyak berperan dalam meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme guru TK yang kreatif, inovatif,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.