Peringati Hari Kartini, Sri Kusnaeni Ingatkan Pentingnya Peran Perempuan Dalam Mendidik Generasi

by -

– Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Anggota DPRD Kota Bogor, Sri Kusnaeni menjadi narasumber Talkshow yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor, di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Kamis (19/5).

Acara yang bertemakan ‘Kepemimpinan Perempuan Dalam Jabatan Publik / Organisasi Untuk Mewujudkan Kesetaraan Gender Dalam Pembangunan’, Sri mengungkapkan bahwa, perjuangan Kartini untuk mengangkat derajat perempuan, bukanlah untuk menjatuhkan kaum laki-laki, melainkan untuk saling menguatkan.

Perempuan sebagai makhluk, sambung Sri tidak bisa berdiri sendiri, tetapi menjadi satu kesatuan dalam institusi yang bernama keluarga dengan laki-laki.

“Kalimat yang diungkapkan kartini dalam surat-surat yang pernah ditulis olehnya bertuliskan ‘Yang kami perjuangkan pendidikan bagi perempuan, adalah agar perempuan dapat mendidik generasi’. Bukan untuk meniadakan kehebatan laki-laki, bukan untuk menjatuhkan laki-laki, tetapi untuk saling melengkapi dan menguatkan,” ujar Sri.

Baca Juga  pemerintah-diminta-terus-dampingi-satu-wni-positif-corona-di-singapura.

Sedangkan, saat membahas kehadiran perempuan dalam jabatan publik atau organisasi, Sri mengatakan bahwa perempuan harus memiliki motivasi yang jelas atas tujuannya masuk kedalam organisasi atau jabatan publik.

Karena menurutnya pesan yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW, yang berbunyi ‘Sebaik-baik manusia adalah yang memberikan manfaat kepada sesama’ harus dijadikan motivasi bagi para perempuan.

“Bagaimana kita bisa memberikan kemanfaatan seluas-luasnya kepada masyarakat, harus bisa menjadi tujuan utama kita. Hal ini bisa dilakukan dari tingkat keluarga, masyarakat, hingga tatanan pemerintahan dan organisasi,” kata Sri.

Dalam acara tersebut, turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah dan fashion designer, Frida Nursanti yang turut memberikan pandangannya terhadap peran perempuan dalam pembangunan. (ryn)

Baca Juga  Dua Pengendara Terlibat Cekcok, Satu Kena Tusuk hingga Tewas

Leave a Reply

Your email address will not be published.