PR Rektor Baru Unpak Bogor Menurut Prof Bibin Rubini: Capai Akreditasi Unggul hingga Mendapatkan Kepercayaan Masyarakat

by -

METROPOLITAN.id – Rektor Universitas Pakuan (Unpak) Bogor, Prof Bibin Rubini menuturkan, ada beberapa pr yang masih menjadi target bagi Unpak Bogor.

Hal itu diungkapkan Prof Bibin Rubini mengingat masa jabatannya sebagai Rektor Unpak Bogor akan habis dan bakal digantikan Prof Didik Notosudjono pada Senin (30/5) nanti.

“Saya kira, banyak yang memang sudah dikerjakan (selama kepemimpinannya ini). Tapi, ada juga yang masih sedang dikerjakan dan belum dikerjakan,” kata Prof Bibin Rubini.

Setidaknya, dikatakan Prof Bibin Rubini, ada enam hal yang masih menjadi pr bagi rektor baru untuk dapat diwujudkan.

Diantaranya, merespon kebijakan Pemerintah Pusat terkait dengan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Di mana, Unpak Bogor dituntut dapat meningkatkan kuantitas maupun kualitas kerjasama dengan stakeholder terkait baik Pemerintah Daerah hingga perusahaan manufaktur.

“Jadi itu harus lebih ditingkatkan, karena untuk memberikan peran kepada mahasiswa agar bisa mengambil program magang di luar perkuliahan,” ucap Prof Bibin Rubini.

Baca Juga  Warga Diminta Sabar, Kota Bogor Baru akan Bangun Fly Over Kebonpedes pada 2023

Kedua, dilanjutkan Prof Bibin Rubini, rektor baru juga harus mampu meningkatkan reputasi Unpak Bogor. Terutama, Unpak Bogor yang saat ini masih terakreditasi B, harus mampu mencapai akreditasi unggul.

“Memang itu tugas yang tidak mudah. Tapi kita sudah memberikan jalan, (seperti saat ini) rasio dosen sama mahasiswa sudah terpenuhi. Rasio dosen dengan dosen baik jabatan akademik dosennya, kepangkatan maupun gelar guru besar hingga status administrasi akademiknya S3 dengan dosen, doktor, kepala itu Insya Allah (sudah) terpenuhi,” imbuhnya.

Ketiga, disambung Prof Bibin Rubini, rektor baru harus mampu mempertahankan reputasi Unpak Bogor untuk selalu mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Di mana, hal tersebut diwujudkan dalam bentuk kiprah Unpak Bogor yang bukan semata sebagai menara gading yang terisolir dari masyarakat, melainkan Unpak harus memberikan menara air yang dapat memberikan manfaat untuk masyarakat.

Baca Juga  Inalilahi! Korban Meninggal Kecelakaan Maut di Puncak Bogor Merupakan Anggota Tagana Kota Bogor

Keempat, rektor baru juga harus bisa membuka jejaring baik dalam tataran lokal, regional hingga internasional. Karena, bagaimana pun juga reputasi Unpak Bogor di masa yang akan datang akan diperhitungkan bukan hanya di tingkat lokal dan regional, melainkan internasional.

Kelima, bagaimana membentuk upaya Unpak Bogor sebagai perguruan tinggi yang berorientasi kepada riset university. “Jadi kita mengembangkan satu penelitian dengan menghasilkan inovasi-inovasi yang bisa mendongkrak perekonomian Indonesia,” bebernya.

Terakhir, ditambahkan Prof Bibin Rubini, rektor baru harus mampu mewujudkan visi misi Unpak Bogor yakni meningkatkan reputasi unggul, mandiri dan karakter dengan menitikberatkan kepada kemandirian Unpak Bogor yang bisa menjadi income generating.

“Unpak harus bisa menghasilkan dana-dana sendiri di luar dari dana SP dan SPJ. Maksudnya ini bertujuan untuk menjadi motor penggerak agar Unpak bisa mengoperasionalkan kegiatan akademik tanpa harus selalu bergantung terhadap dana SP dan SPJ,” ungkap Prof Bibin Rubini.

Baca Juga  Cegah Prilaku Menyimpang di Ponpes, MUI Dorong Ada Pengawasan Secara Maksimal

“Memang pekerjaan semua itu gampang-gampang susah, mudah untuk bisa diucapkan tapi tidak mudah juga untuk dilaksanakan. Tetapi, hal itu bisa terwujud dengan modal dasarnya adalah kekompakan dan kerjasama dengan berbagai kompenen baik dengan internal maupun eksternal,” tandasnya.

Diketahui, kepemimpinan Prof Bibin Rubini selaku Rektor Universitas Pakuan (Unpak) Bogor secara resmi akan habis masa jabatannya pada Senin (30/5) ini.

Prof Bibin Rubini akan digantikan Prof Didik Notosudjono yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan di Unpak Bogor.

Adapun, rencananya pertukaran pucuk pimpinan di Unpak Bogor itu akan dilangsungkan dalam kegiatan lepas sambut yang dilaksanakan pada Senin (30/5) nanti. (rez) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *