Ribuan PNS di Bogor Pensiun Tahun Ini, Kebutuhan Makin Tinggi

by -
Ilustrasi: ASN Kabupaten Bogor saat halal bihalal di halaman Kantor Bupati Bogor, Cibinong, Senin (9/5). (Foto: Arifin/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Sebanyak 1.205 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bakal pensiun tahun ini. Artinya, kebutuhan akan PNS akan semakin tinggi.

Meski demikian, Pemkab Bogor belum mengetahui berapa banyak formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2022.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan mengatakan, umumnya mereka yang pensiun adalah guru atau tenaga pendidikan.

Irwan mengaku sedang mengajukan usulan ke Menpan RB via aplikasi e-formasi untuk penambahan tenaga PPPK guru, tenaga kesehatan, penyuluh dan beberapa jabatan fungsiolan teknis namun belum ditetapkan.

Hingga saat ini, Kabupaten Bogor memiliki sekitar 15.500 PNS. Jumlah tersebut belum termasuk mereka yang akan pensiun tahun ini.

Baca Juga  Turun Level, Taman Publik di Kota Bogor Belum Boleh Buka

“Sementara beban yang dipikul adalah melayani 5,4 juta penduduk Bumi Tegar Beriman. Saat ini seorang PNS itu melayani sekitar 350 penduduk. Masih belum ideal. Karena selain jumlah penduduk yang tinggi, luas wilayah Kabupaten Bogor ini juga kan sangat besar,” ujar Irwan. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.