Seleksi PPPK 2022 Prioritaskan Guru Honorer yang Lulus PG

by -

METROPOLITAN – Kabar gembira bagi guru honorer yang lulus passing grade (PG) akan mendapatkan perla­kuan khusus pada seleksi PPPK 2022.

Deputi SDM Aparatur, Alex Denni, mengatakan, Kemen­PAN-RB bersama Kemen­dikbudristek memastikan pengadaan PPPK 2022 lebih mengakomodasi tenaga ho­norer. Karena hal inilah, seleksi PPPK guru akan meng­gunakan metode observasi dan background check. Ar­tinya, perekrutan PPPK guru akan membedakan antara honorer dengan pe­lamar baru.

Guru honorer yang memi­liki masa kerja di atas tiga tahun dan belum lulus PG dan tidak mengikuti PPPK 2021 akan mendapatkan kekhususan. Mereka tidak akan diadu dengan pelamar baru yang pengalaman ker­janya di bawah tiga tahun atau belum pernah menga­jar. ”Proses seleksi antara pelamar baru yang tidak berpengalaman dengan guru honorer termasuk K2 akan dibedakan,” kata Alex Denni.

Baca Juga  Istriku Selingkuh dengan Tetangga (1)

Pengadaan PPPK 2022 akan memasukkan komponen masa kerja dalam pengatu­ran seleksi PPPK. Bagi guru yang sudah lulus PG dan tidak mendapatkan formasi pada PPPK 2021 akan menda­patkan prioritas.

Ia mencontohkan, guru honorer yang mengikuti PPPK 2021 dan lulus PG namun belum mendapatkan for­masi mengikuti PPPK 2021 dan lulus PG namun belum mendapatkan formasi ke­mudian kalah bersaing akan mendapatkan prioritas. ”Pemda akan mengalokasi­kan formasi untuk guru ho­norer K2 tersebut di sekolah induk agar yang bersangku­tan bisa melamar,” jelas Denni. (jpn/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.