Serahkan Bantuan, Mensos Risma Sambangi Korban Longsor Cijeruk

by -

METROPOLITAN.id – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyambangi korban bencana tanah longsor Kampung Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Senin (23/5).

Selain meninjau lokasi bencana yang merenggut empat orang korban jiwa itu, Mensos Risma juga menyerahkan bantuan kepada para korban. Disaksikan berbagai pejabat kewilayahan, mulai dari camat, kapolsek, kepala desa (kades) dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Mensos Risma pun memerintahkan camat dan kades untuk mengurus salah satu korban bencana, Fitri, yang tengah mengandung delapan bulan dan persiapan untuk persalinan. Mensos meminta pejabat terkait untuk mengurus persalinan mulai dari BPJS, PKH hingga bansos lainnya bagi Fitri.

“Itu yang bisa kami sampaikan dan saya juga minta bantuan dari pak camat dan juga kades untuk membantu pengurusan BPJS. Karena itu ibu hamil akan melahirkan satu bulan lagi dan saat melahirkan nanti bisa dibantu pemerintah untuk biaya persalinan maupun pengobatan selama melahirkan,” katanya.

Baca Juga  Teknologi Maju Pesa, Kaum Milenial Didorong Kembangkan Smart Farming

Tidak hanya itu Mensos Risma juga akan mengerahkan stafnya untuk menangani trauma healing keluarga korban. Sebab pasca kejadian bencana, korban mengalami traumatik. Pihaknya akan mengirim petugas untuk mengurangi traumanya.

“Kita bantu sesuai standar bantuan sosial sebesar Rp15 juta per jiwa. Namun kami juga akan bantu adik-adik ini untuk membantu peralatan untuk sekolah dan juga bapak ibunya. Kita kirim petugas untuk trauma healing untuk mengurangi rasa traumanya,” ujarnya.

Sesuai perintah mensos, Kades Cipelang Kiki Sukiwan akan mengikuti perintah dan arahan tersebut dengan menyiapkan seluruh berkas admintrasi yang di butuhkan.

Sebelumnya pun, dirinya bersama staf pemerintah desa telah mendatabkeluarga korban baik yang meninggal maupun korban selamat.

Baca Juga  Buntut Hadiah Voucher Juara Renang, DPRD Bakal Panggil Kepala Dispora Bogor

“Alhamdulilah bantuan untuk korban bencana alam terus berdatangan. Malam ini bantuan datang dari Mensos yang menyerhakan langsung santunan kepada keluarga korban,” tukasnya.

“Selain uang tunai, juga diberikan bantuan sembako. Terpenting tadi pendidikan anak dan baju sekolah. Selanjutnya sesuai arahan dan perintah mensos, segera kita data admintrasi untuk bangun PKH, BPJS,dan KIP akan kami serahkan ke Dinsos Kabupaten Bogor,” tuntasnya. (nto/b/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.