Tahun Ajaran Baru Terapkan PTM 100 Persen

by -

METROPOLITAN – Sekolah-sekolah di Kota Bogor bakal menerapkan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM 100 persen. Pelaksanaannya di­mulai saat memasuki tahun ajaran baru pertengahan tahun ini. Hal tersebut di­ungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Hanafi.

Ia mengatakan, keputusan PTM diambil lantaran meli­hat situasi sudah sangat memungkinkan untuk meng­gelar PTM 100 persen. Sejauh ini mereka masih menerap­kan PTM terbatas 50 persen di semua sekolah karena menunggu momen yang te­pat.

“PTM 100 persen rencana­nya di tahun ajaran baru, setelah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Saya su­dah melapor secara lisan ke Pak Wali meskipun belum secara formal,” ungkapnya, kemarin.

Menurut Hanafi, Kota Bogor sebenarnya telah memenuhi ketentuan untuk bisa me­langsungkan PTM 100 persen. Kasus semakin melandai dan bahkan tercatat sampai nol. Keterisian rumah sakit atas kasus Covid-19 sangat rendah. Sementara capaian vaksi­nasi juga terbilang tinggi.

Baca Juga  Jokowi Evaluasi PTM di Tiga Provinsi

Akan tetapi, Disdik Kota Bogor tak ingin terburu-buru. Momentum tahun ajaran baru dianggap sebagai waktu yang tepat memulai PTM 100 per­sen secara serentak, sem­bari semua sekolah menyi­apkan kelengkapannya agar benar-benar maksimal.

Sementara itu, terkait aturan yang telah membolehkan masker di luar ruangan, Hanafi tetap menyarankan siswa memakainya selama PTM. Menurutnya, semua sekolah harus terus menekan­kan upaya preventif tersebut. Sekolah dan semua elemen tak boleh lengah, meski pan­demi Covid-19 telah melan­dai dan memasuki masa transisi. Terlebih, penyakit lain seperti hepatitis akut ternyata masih mengintai dan menjadi ancaman baru.

“Saya menyarankan siswa di sekolah tetap memakai masker. Walaupun saya tidak membuat surat edaran, je­lasnya itu berlaku situasional supaya nggak menyebarkan (penyakit, red). Apalagi me­reka di kelas berkumpul, berinteraksi. Tindakan pre­ventif itu penting,” tegasnya. (mam/rb/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.