Unpad Usulkan Ubah Nama Jalan di Bogor Jadi Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja

by -

METROPOLITAN.id – Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung mengusulkan perubahan nama salah satu jalan yang ada di Kota Bogor menjadi Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja.

Usulan ini dilakukan Unpad dengan tujuan untuk mensukseskan mengangkat Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja menjadi pahlawan Nasional baru di Indonesia.

Adapun, jalan yang diusulkan diubah menjadi nama Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja itu adalah Jalan Salak yang berlokasi di Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Jalan Salak ditunjuk untuk berubah nama karena Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja pernah tinggal di wilayah tersebut sekitar tahun 1988 hingga akhir hayatnya pada 2021 lalu.

“Ini sebenarnya kesempatan bagi warga Kota Bogor untuk memberikan kontribusi dan kehormatan, bahwa almarhum memang tempat tinggalnya di Jalan Salak yang punya sejarah,” kata Tim Pengusul, Dr Idris selaku Dekan Fakultas Hukum (FH) Unpad kepada wartawan, baru-baru ini.

Baca Juga  Akhirnya FIFA Resmi Larang Timnas Rusia Main di Piala Dunia, Federasi Sepakbola Rusia : Ini Diskriminatif

“(Untuk itu) kami berharap warga yang ada di Jalan Salak mendukung penuh, karena ini adalah kehormatan, bahwa warga Kota Bogor memberikan sumbangsih dan dukungan penuh kepada calon tokoh nasional yang kita usung dari perwakilan Jawa Barat,” sambungnya.

Menurutnya, alasan kenapa Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja diusulkan menjadi pahlawan nasional, karena beliau adalah sosok yang berjasa untuk tanah air, melalui sumbangsih pemikirannya terhadap batas teritori laut di Indonesia.

“Karena Mochtar adalah nama besar dan beliau ikut andil dalam memperjuangkan menegakan negara kepulauan yang sudah di deklarasikan pada Deklarasi Djuanda tahun 1957,” ucap Dekan FH Unpad tersebut.

Di mana, dilanjutkan Dr Idris, dari hasil deklarasi itu tercetus gagasan menyatukan pulau-pulau yang dipisahkan oleh laut, dengan konsep negara kepulauan.

Baca Juga  7 Ekor Sapi di Kota Bogor Positif PMK, Ratusan Ternak di RPH Bubulak Ditetapkan Suspek

“Dengan konsep negara kepulauan maka laut menjadi pemersatu bukan pemisah. Dan semula awalnya (luasan Indonesia) hanya 2 juta km2, bertambah jadi 5 juta km2,” imbuhnya.

“Sehingga ini layak Prof Mochtar menjadi pahlawan nasional. Apalagi, pihak Internasional memang menghargai jasa beliau, yang awal kita negara yang kecil dengan laut terbatas, sekarang jadi negara kepulauan dengan luasanya yang bertambah,” tandas Dekan FH Unpad. (rez) 

Leave a Reply

Your email address will not be published.