30 Jembatan Rawayan di Bogor Bakal Dibangun Tahun Ini

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bakal membangun 30 jembatan rawayan pada tahun ini, 2022. Pembangunan tersebut bakal kembali menggandeng TNI untuk upaya percepatan.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bogor, Ajat R Jatnika mengatakan, pembangunan jembatan rawayan akan terus dilanjutkan karena masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Pembangunan rawayan tetap (dilanjut). Insyaallah tahun ini ada 30 jembatan rawayan, di bulan ini kita akan ada PKS (perjanjian kerja sama)  dengan TNI lagi, dengan Kodam Siliwangi,” ujar Ajat, Kamis (9/6).

Menurutnya, saat ini pembangunan 30 jembatan rawayan tersebut masuk tahap perencanaan. Ia pun  berharap pembangunan tersebut bisa cepat terealisasi.

Baca Juga  Program Ditiru, Ahok Masih Tenang

“Saat ini masih tahap perencanaan. Mudah-mudahan segera terealisasi,” harapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menegaskan, Pemkab Bogor berkomitmen terus menyelesaikan pembangunan jembatan rawayan.

Berdasarkan inventarisasi data yang dilakukan DPKPP, Bappedalitbang, dan Dinas PUPR, ada 215 jembatan di Kabupaten Bogor yang perlu dibangun yang secara perlahan akan dituntasakan.

Pada 2020 lalu, Pemkab Bogor sudah membangun 6 jembatan. Dilanjut pada tahun berikutnya, 2021, sebanyak 33 jembatan.

“Di 2023 nanti isnyaallah sebanyak 50 jembatan. Sisanya akan diselesaikan di tahun berikutnya. Setiap tahun kita tangani bekerjasama dengan TNI, karena kita butuh percepatan,” kata Iwan.

Selain memudahkan aksesibiltas masyarakat, pembangunan jembatan rawayan ini diharapkan ikut mendongkrak ekonomi warga. Bahkan, ada jembatan rawayan yang berpotensi menjadi objek wisata seperti yang dibangun di Rancabungur.

Baca Juga  Kota Bogor Catatkan Sepekan Zero Kasus Baru Covid-19

“Dengan aksesibilitas yang memadai kita berharap ekonomi masyarakat juga makib lancar ya. Apalagi kalau sampai bisa jadi objek wisata, itu akan lebih berdampak lagi,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *