Antisipasi PMK Hewan, Camat Ontrog Lokasi Penjualan Ternak

by -

METROPOLITAN – Menganti­sipasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah Kecamatan Dramaga, Camat Dramaga Tenny Ramadhani bersama Kepala Desa Ciherang Suher­win melakukan sidak ke tem­pat penjualan hewan ternak di sepanjang Jalan Lingkar Dramaga.

Namun, Camat Dramaga Tenny Ramadhani mengaku tidak menemukan adanya hewan ternak yang terpapar PMK. Malah, penjualan hewan ternak jelang Idul Adha me­ningkat 20 persen.

”Kita mengecek ke tempat penjualan hewan kurban di wilayah Desa Ciherang untuk mamastikan bahwa hewan tersebut tidak kena wabah penyakit PMK. Termasuk su­rat keterangan sehat hewan­nya ada nggak,” ujar Tenny.

Intinya, jelas Tenny, sidak tersebut melakukan langkah-langkah antisipasi penyebaran virus PMK pada hewan ternak.

Baca Juga  Penjelasan Bea Cukai Soal Importir Yang Mengeluhkan Antrean Barang

Langkah yang telah dilaku­kan di antaranya, melakukan survei ke peternakan, peme­riksaan hewan di peternakan, dan juga membuat posko pengaduan bagi peternak yang menemukan indikasi PMK, serta mengintensifkan edu­kasi kepada masyarakat sam­pai level desa.

”Kebanyakan mereka menda­pat pasokan hewan ternak dari wilayah NTT, Bima, dan dilengkapi surat keterangan kesehatan hewan. Sampai hari ini belum ditemukan adanya hewan yang kena wa­bah PMK. Malahan penjual hewan kurban mengaku ba­nyak yang membeli hewan meskipun sedang ramainya wabah PMK,”terangnya.

Sementara itu, penjual hewan ternak, Lukman, menjelaskan bahwa kesehatan hewan ter­nak tersebut dicek terlebih dulu sebelum masuk wilayah Jawa Barat. Karena seleksinya ketat, hewan yang kondisinya tidak sehat tentunya tidak boleh dikirim keluar Bima. Sehingga pasokan hewan ter­nak dalam kondisi aman, sehat, dan dilengkapi surat keterangan kesehatan hewan.

Baca Juga  Operasi Pasar, Tebar Seribu Paket Sembako Murah

”Karena hewan ternaknya sehat dan memiliki surat ke­terangan kesehatan hewan, banyak konsumen yang mem­beli untuk kurban,”pungkasnya. (ads/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.