Batuan Tajam Jadi Keresahan Warga Banyuasih

by -

METROPOLITAN – Warga Banyuasih di Kecamatan Ci­gudeg, Kabupaten Bogor, ma­sih harus merasakan sulitnya mendapatkan akses jalan me­madai.

Kondisi ini membuat warga juga kesulitan mendapatkan fasilitas kesehatan karena jarak tempuh yang terlalu jauh menuju puskesmas. Belum lagi kondisi jalan yang curam, terjal dengan batuan tajam.

”Dari saya kecil, jalan ini me­mang kayak gini, rusak. Bahkan, beberapa kali diajukan, ikut musrenbang, nggak ada jawa­ban,” kata Kurtubi (45), seorang petani asal Kampung Panung­gungan, Desa Banyuasih, Ke­camatan Cigudeg.

Ia menyebut jalan sepanjang 6 kilometer dari Kampung Panunggangan, Desa Banyua­sih, hingga wilayah perbatasan, kondisinya rusak parah.

Sehingga, banyak warga Ci­gudeg yang memilih menda­patkan fasilitas kesehatan ke Puskesmas Rumpin.

Baca Juga  Jalan Cibeber-Nanggung bakal Diperbaiki

”Walaupun lebih dekat ke Puskesmas Cigudeg tapi war­ga di sini lebih pilih ke Puske­smas Rumpin. Soalnya jalannya tidak separah di Cugdeg,” ujar­nya.

Bahkan, lanjutnya, ada war­ga yang terpaksa lahiran di jalan karena harus menempuh perjalanan menuju Puskesmas Cigudeg yang rusak parah dan berlumpur.

Staf Desa Banyuasih, Ukar Sunarya, mengatakan bahwa Pemerintah Desa Banyuasih sudah beberapa kali mengu­sulkan adanya perbaikan jalan rusak. Namun, hingga kini tidak pernah ada jawaban.

”Jadi banyak warga yang mengeluhkan. Bahkan untuk aktivitas masyarakat pun lebih memilih ke Rumpin,” ujar Ukar Sunarya.

Ukar Sunarya menjelaskan akses jalan yang rusak sepan­jang 6 kilometer. ”Kalau akses jalan ini baik, sudah pasti ber­dampak terhadap masyarakat. Bukan hanya untuk akses ke puskesmas dekat, tetapi akti­vitas masyarakat pun akan lebih mudah membawa da­gangannya ke pasar-pasar tra­disional,” kata Ukar.

Baca Juga  Jembatan Perhubung Dua Kecamatan Nyaris Jebol

Sementara itu, Kepala Desa Banyuasih, Saepul Hupad, menyebut akses jalan yang sudah diusulkan itu sepanjang 6 kilometer. Tapi tidak semua jalan akan dibeton.

”Saya bingung pada dinas terkait, kenapa tidak semuanya. Saya kasihan pada masyarakat Desa Banyuasih,” pungkasnya. (mul/c/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.