Damkar Kota Bogor Sebut Buaya di Sungai Cisadane Merupakan Hewan Peliharaan dan Dibuang Pemiliknya

by -

METROPOLITAN.id – Kabid Pemadam dan Penyelamatan di Damkar Kota Bogor, M Ade Nugraha menyebut buaya yang berkeliaran di Sungai Cisadane merupakan hewan peliharaan yang dibuang pemiliknya.

Kepastian itu diungkapkan menyusul kondisi buaya kedapatan terikat lakban. “Kemungkinan besar itu dibuang, jadi sebelum dibuang dia lakban dulu,” kata Ade kepada wartawan, Kamis (23/6).

“Mungkin takut mencelakai warga yang suka beraktivitas di sungai, jadi sebelum dirilis dilakban dulu rapat, baru dilepas ke perairan,” sambungnya.

Selain itu, menurutnya, penguat buaya ini merupakan hewan peliharaan adalah jenis binatang itu sendiri. Yakni, buaya jenis muara.

Ditambah, dilanjutkan Ade, selama ini belum pernah ditemukan ada buaya yang hidup di aliran Sungai Cisadane.

Baca Juga  Sudah 9 Jam Mantan Mendag M Lufti Diperiksa Kejagung soal Korupsi Minyak Goreng

“Selama puluhan tahun belum pernah terdengar ada buaya, baru sekarang ada buaya, kalau biawak mungkin banyak ya,” ucap dia.

“Kemungkinan memang tidak sanggup membiayai buaya nya, kan hewan buas biasanya kalau masih kecil itu lucu ya, mungkin bertambah besar dia juga khawatir bisa mencelakai keluarganya mungkin, kemudian dari sisi pakannya juga cukup lumayan untuk buaya ketimbang ular,” ungkapnya.

Atas dasar itu, Ade menduga jika buaya ini merupakan hewan peliharaan yang tidak memiliki izin.

“Ilegal. Kalau memang sudah tidak sanggup memelihara kan bisa diserahkan ke BKSDA,” tandas Ade.

Sebelumnya, dibalik kemunculan seekor buaya di Sungai Cisadane Kota Bogor menyisakan fakta memilukan.

Baca Juga  Jawab Keresahan Pengusaha Kota Bogor soal Penolakan PPKM Level 3, Dedie A Rachim: Hotel Diizinkan Tarik Pengunjung, Asalkan?

Buaya yang diduga jenis muara itu diketahui dalam kondisi terikat lakban dengan keadaan lemas.

“Kemungkinan besar itu dilakban, dan lakban itu menutupi moncong sampai kehidung kelihatannya,” kata Kabid Pemadam dan Penyelamatan di Damkar Kota Bogor, M Ade Nugraha kepada wartawan, Kamis (23/6).

“Berdasarkan saksi mata yang lagi mancing ikan, buaya itu agak lemes juga, mungkin karena agak kesulitan bernafas,” sambungnya. (rez) 

Leave a Reply

Your email address will not be published.