Dapat Suntikan Dana dari Jabar, KPU Kota Bogor Turunkan Pengajuan Anggaran Pilkada 2024 Jadi Rp52 M

by -

METROPOLITAN.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor bersiap-siap menghadapi gelaran Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Salah satunya dengan mengajukan anggaran kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sebesar Rp52 miliar.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Bogor Samsudin. Menurutnya, awalnya KPU Kota Bogor mengajukan anggaran untuk Pilkada 2024 sebesar Rp59 miliar.

Namun karena ada suntikan dana sharing dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sebesar Rp7 miliar, pihaknya hanya mengajukan anggaran ke Pemkot Bogor sebesar Rp52 miliar.

“Awalnya kami ajukan Rp59 miliar. Tapi ada sharing dari provinsi (Jawa Barat) sebesar Rp7 miliar, jadi yang kami ajukan ke pemkot Rp52 miliar,” katanya kepada Metropolitan.id, Selasa (28/6).

Baca Juga  Mau Salat Subuh ke Masjid, Veteran Tewas Ditabrak, Jasadnya Ditinggal di Mobil

Prosesnya, sambung dia, akan melalui dana cadangan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor.

“Jadi prosesnya diketuk dulu Peraturan Daerah (Perda) Dana Cadangan-nya di DPRD. Setelah itu di perda itu disebutkan kapan mulai nabungnya,” jelas Samsudin

Sedangkan untuk anggaran Pemilu pada 2024, kata dia, KPU Kota Bogor tidak mengajukan anggaran karena semua dianggarkan dan dijatah melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Yang Pemilu kami nggak ajukan anggaran karena semua given dari APBN. Yang kami ajukan untuk Pilkada 2024-nya,” tukasnya.

Secara umum, Pemkot Bogor sendiri mengusulkan anggaran Rp95 miliar untuk penyelenggaraan Pilkada 2024. Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah.

Baca Juga  Modus Iming-iming Permen, Kakek di Bogor Cabuli 6 Bocah

Jumlah anggaran sebesar itu, kata dia, selain dialokasikan untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), juga dianggarkan untuk unsur pengamanan seperti kepolisan, TNI dan Kejaksaan.

“Jadi (anggaran) untuk semua pengamanan, kebutuhan KPU, pengawasnya, kan satu TPS ada beberapa pengawas, harus dijagain,” katanya.

Jumlah anggaran tersebut, sambung dia, lebih kecil dibandingkan awal pengajuan anggaran kebutuhan Pilkada 2024 yang mencapai Rp105 miliar.

“Semula anggaran kebutuhan Pilkada 2024 sebesar Rp105 miliar,” ujarnya.

Pemkot Bogor menyiapkan dana melalui anggaran cadangan yang disiapkan tiap tahun, mulai dari 2022 hingga 2024.

“Nanti akan dianggarkan secara bertahap melalui dana cadangan,” tukas Syarifah.

Ia menjelaskan, saat ini usulan anggaran tersebut masih dalam pembahasan dengan DPRD dan akan masuk dalam berkas Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKDP) 2023.

Baca Juga  Gelar Apel Ops Lodaya, Polresta Bogor Kota Bagikan Sabuk Keselamatan Anak

“Yang penting kan RKPD-nya. Walaupun disana sebenarnya tidak berbicara jumlah. Apalagi jika masih pandemi Covid-19, kemungkinan akan ada penambahan jumlah TPS untuk mengantisipasi kerumunan saat pencoblosan,” tuntasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.