Disdik Bogor Imbau Acara Perpisahan tak Beratkan Ortu Siswa

by -

METROPOLITAN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bo­gor memberikan imbauan dan Surat Edaran (SE) kepada sekolah tingkat SD di Kota Bogor agar tidak memberat­kan orang tua (ortu) dalam acara perpisahan.

Kepala Bidang (Kabid) Se­kolah Dasar, Rudi Suryanto, mengatakan, setiap acara perpisahan tingkat SD sebe­narnya itu dari kebijakan se­kolah, termasuk besaran biaya, tempat dan sebagainya. Mengantisipasi hal-hal yang bisa memberatkan orang tua murid, Disdik pun mengelu­arkan imbauan ke sekolah-sekolah.

“Memang perpisahan ini beberapa sekolah melaksana­kan pascaujian sekolah. Kami sampaikan bahwa pelaks­anaan perpisahan diperbo­lehkan, akan tetapi dengan ketentuan,” ungkap Rudi.

Rudi menjelaskan, perpi­sahan harus dilakukan se­cara sederhana dan biaya bersifat sukarela. Apabila bersumber dari iuran murid, jangan sampai memberatkan atau sesuai kemampuan orang tua.

Baca Juga  Sekolah Favorit Ditinggal Pendaftaran

Selain itu, untuk kepanitia­an perpisahan tersebut ting­kat SMP harus dari unsur OSIS dan SD dari komite sekolah. “Perpisahan juga harus dila­kukan di lingkungan sekolah dan tidak diperkenankan ada biaya kenang-kenangan. Ke­giatan juga tidak mengikat dan dikaitkan dengan ijazah,” je­lasnya.

Apabila ada sekolah yang tidak mengikuti imbauan dan ada aduan yang masuk ke Disdik, pihaknya akan me­manggil kepala sekolah. Ke­mudian akan diklarifikasi untuk dilihat apakah ada kesalahan atau hanya miskomunikasi.

“Bicara soal biaya, kadang komite itu kesepakatan me­reka, sekolah tidak ikut cam­pur. Tahun lalu kami juga pernah memanggil komite dan kepala sekolah untuk aduan perpisahan, tapi ter­kait tahun lalu itu tidak boleh diadakan perpisahan,” papar­nya.

Baca Juga  KBM di SDN Muarasari 2 tak Nyaman?

Rudi menambahkan, untuk 210 sekolah dasar negeri, se­mentara lulusan siswa tingkat SD untuk negeri dan swasta sebanyak 17.624 siswa.

“SE tentang imbauan kegia­tan perpisahan itu berlaku untuk semua sekolah tingkat SD se-Kota Bogor,” pungkas­nya. (bk/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.