Disdik Jabar Peduli Siswa Kurang Mampu, Masuk Sekolah Swasta Dapat Bantuan Rp2 Juta

by -

METROPOLITAN – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat menyiapkan ban­tuan senilai Rp2 juta untuk calon siswa kurang mampu dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 ke sekolah swasta. Bantuan itu juga berlaku bagi calon pe­serta didik yang hanya mendaf­tar melalui jalur afirmasi dan tidak mendaftar di jalur zo­nasi.

Kepala Cabang Wilayah III Disdik Provinsi Jawa Barat, Asep Sudarsono, mengatakan, siswa tidak mampu diarahkan mendaftar sekolah melalui Afirmasi Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM). ”Yang merasa tidak mampu bisa daf­tar ke SMA/SMK Negeri mel­alui jalur KETM. Jika dia tidak diterima di sekolah negeri, bisa sekolah di swasta dan mendapatkan bantuan Rp2 juta dari Pemprov Jabar,” kata Asep Sudarsono, kemarin.

Baca Juga  Dari Kerja Bakti Hingga Bangun Urinoir

Asep menjelaskan, bantuan tersebut sebagai bentuk per­hatian dari Pemprov Jabar untuk membebaskan biaya masuk sekolah bagi siswa tidak mampu ketika masuk sekolah swasta. Adapun bantuan ter­sebut akan diberikan kepada pihak sekolah swasta, apabila calon siswa tidak diterima masuk sekolah negeri dan masuk kategori KETM.

”Jadi bukan ke siswanya, le­bih ke sekolah swastanya. Khawatir kalau dikasih ke sis­wanya, siswa malah nggak daftar ke sekolah swasta,” tu­turnya. ”Kenapa harus daftar dulu di sekolah negeri agar terhitung berapa jumlah ba­nyaknya siswa,” lanjutnya. Setelah mengetahui berapa siswa yang mendaftar melalui jalur KETM, Pemprov Jabar bakal menghitung dan me­nyiapkan anggaran untuk siswa tersebut. (*/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.