Dishub Kota Sukabumi Dorong Angkot Jadi Ikon Angkutan Terbaik

by -

METROPOLITAN – Dinas Perhubungan (Dishub) Ko­ta Sukabumi bersama Orga­nisasi Angkutan Darat (Or­ganda) berupaya mengem­balikan citra angkot yang menjadi ikon angkutan ter­baik di masyarakat.

Hal itu seiring dengan per­saingan armada angkutan yang saat ini terjadi. Bahkan ke depan angkot-angkot yang ada di jalur Kota Sukabumi akan ditingkatkan pelayanan­nya.

”Salah satu upaya kita ber­sama Organda akan mengem­balikan keterpurukan angkot melalui peningkatan pe­layanan dari yang biasa men­jadi luar biasa,” terang Ke­pala Dishub Kota Sukabumi, Abdul Rachman.

Peningkatan pelayanan yang dimaksud di antaranya, men­gubah penampilan angkot dengan tambahan layanan. Mulai dari AC, tempat duduk yang nyaman dan fasilitas TV di dalamnya.

”Rencananya, kita menar­getkan September me-launching angkot yang ada AC dan TV. Saat ini kita ma­sih sosialisasi dengan or­ganda dan KKU,” ujarnya.

Baca Juga  Gelar Istighosah Virtual, Ingatkan Larangan Mudik

Sebelum di-launching, Ab­dul mengatakan bahwa ja­jarannya akan ekspos terle­bih dulu ke wali kota ter­kait upaya mengembalikan angkot menjadi armada angkutan terbaik di mata masyarakat. Sebab, pening­katan layanan angkot akan diterapkan untuk semua trayek yang ada. Dishub pun menginginkan masing-ma­sing Kelompok Kerja Usaha (KKU) memiliki satu percon­tohan angkot terbaiknya. ”Misalnya, trayek 14 atau 15 jurusan Bhayangkara punya angkot AC, termasuk trayek lainnya,” tuturnya.

Untuk tarif angkot AC sen­diri juga akan dibahas an­tara Dishub, Organda dan KKU. Selain mengangkut penumpang di jalan, bisa saja angkot tersebut disewa masyarakat. ”Bisa nantinya disewa masyarakat ke tempat-tempat wisata. Apalagi, ang­kot tersebut nyaman diguna­kan,” ungkapnya.

Baca Juga  Aksi Sweeping Angkot Dan Ojek Online Meluas

Selain interior, perbedaan angkot biasa dengan AC nantinya dari kursi penum­pang yang semula saling berhadapan akan menghadap depan.

”Kita akan bicarakan juga dengan karoseri untuk posisi tempat duduk, apakah tetap menyamping atau dibuat men­ghadap ke depan semua,” pung­kasnya. (ms/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *