Dua Kampung Terisolir Akibat Jembatan Putus dan Longsoran Tanah

by -

METROPOLITAN.id – Sejumlah rumah dan fasilitas umum msngalami rusak berat akibat banjir bandang di Desa Cibunian Kecamatan Pamijahan pada Rabu, (22/6) malam.

Banjir dan longsor tersebut diakibatkan derasnya hujan yang mengguyur kawasan Gunung Salak Endah dari sore hingga malam hari. Hal itu membuat meluapnya aliran sungai di desa tersebut.

“Banjir ini karena meluapnya aliran sungai dan anak kali sungai di Desa Cibunian mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor di beberapa titik,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko.

Akibat banjir tersebut sejumlah perkampungan terkena dampak, diantaranya Kampung Pondok Gombong, Kampung Muara, Kampung Cimanggu, Kampung Bandara Jaya, Kampung Bajakan, dan Kampung Rawa. Kejadian tersebut juga mengakibatkan enam rumah warga rusak berat dan belasannya rusak ringan.

Baca Juga  Bupati Bogor Minta Buruh Sama-Sama Jaga Kondusifitas Kabupaten Bogor

Selain rumah warga, sejumlah fasilitas umum juga rusak akibat bencana tersebut. Di antaranya jembatan, akses jalan, dan kolam peternakan milik warga.

“Akses jalan tertutup longsoran di Kampung Muara RT 02 RW 01, jembatan terputus di Kampung Cimanggu RW 13 dan Kampung Bandar Jaya RW 09, dan kolam peternakan milik warga terdampak Aris banjir di Kampung Babakan RW 08,” kata dia.

Tak hanya fasilitas umum dan rumah warga, sejumlah hewan ternak warga punya banyak yang tewas dan hilang akibat banjir dan longsor tersebut.

“Banyak juga yang kolamnya kebawa banjir, begitu juga dengan kambingnya ada hilang,” ungkapnya.

Selain di Kecamatan Pamijahan, banjir juga terjadi di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Banjir diakibatkan air sungai meluap akibat intensitas hujan yang tinggi.
Menurut Aris, akibat kejadian tersebut, aliran air bersih warga terputus.

Baca Juga  Bappedalitbang Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bogor 2017

“Dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya aliran Kali Cisarua, sehingga mengakibatkan banjir bandang dan terputusnya aliran air bersih warga,” pungkasnya. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published.