Hiks.. Luput dari Perhatian, Ada Kampanye ‘Pelangi’ LGBT Mejeng di Mobil Formula E Jakarta

by -
Tim pabrikan ROKiT Venturi Racing mendukung LGBT (Instagram.com/@venturiracing)

METROPOLITAN.id – Balapan Formula E Jakarta 2022 yang digelar di Sirkuit Ancol, DKI Jakarta, akhir pekan lalu, boleh dibilang berjalan sukses.

Namun balapan sedikit ‘dinodai’ oleh adanya kampanye LGBT (lesbian, gay, biseksual dan transgender) yang dikumandangkan salah satu tim peserta balapan.

Adalah tim pabrikan ROKiT Venturi Racing, yang secara jelas dan terang-terangan memasang motif pelangi yang merupakan simbol LGBT pada setiap elemen tim.

Termasuk di mobil pebalap dan seragam seluruh staf.

ROKiT Venturi Racing pun jadi perbincangan usai ajang Formula E Jakarta 2022 digelar. Bukan cuma karena prestasinya, melainkan juga karena mereka terang-terangan mendukung LGBT.

Sebelum gelaran Formula E di Jakarta, Susie Wolff memang gencar menyuarakan bahwa tim mereka akan menunjukan dukungan penuh bagi LGBT sebagai bukti tim mereka juga mendukung kesetaraan.

“Sebagai sebuah tim, kami ingin melakukan sesuatu selain memasang bendera di mobil kami. Kami ingin menggunakan ini (Formula E) sebagai kesempatan untuk mengembangkan penggemar kami, menunjukkan keragaman kami dan semoga membuat orang lain menyadari komunitas kami,” ungkapnya seperti dikutip Voi.id, dari laman resmi ROKiT Venturi Racing, belum lama ini.

Baca Juga  Polisi Dalami Penyebab Pasar Jambu Dua Kebakaran

ROKiT Venturi Racing sendiri tampil menonjol di Sirkuit Ancol sore itu. Dua pebalap mereka, Edoardo Mortara dan Lucas di Grassi terbilang sukses dalam membawa bendera tim.

Mortara maupun Grassi tercatat sebagai pebalap yang masuk jajaran sepuluh besar klasemen sementara Formula E 2022.

Mortara yang berwarga negara Swiss bahkan berhasil mengamankan podium saat tampil di Jakarta International Eprix Circuit (JIEC), Ancol.

Dalam gelaran seri kedelapan Formula E 2022, Mortara menjadi pebalap yang menduduki urutan tiga tercepat setelah Mitch Evans dan Jean-Eric Vergne.

Sementara rekan satu timnya, Lucas di Grassi juga tak mau ketinggalan. Pebalap asal Brasil ini juga tercatat dalam urutan sepuluh besar klasemen sementara Formula E 2022 dengan menduduki posisi kesembilan dengan koleksi 55 poin.

Baca Juga  Kembangkan Bisnis Jadi 'Tengkulak', Perumda PPJ Kota Bogor Minta Suntikan Modal Rp5 Miliar ke Pemerintah

Saat dikonfirmasi, Vice President Communication Formula E Jakarta Iman Sjafei mengaku tidak tahu soal kampanye LGBT oleh salah satu tim Formula E.

Ia mengatakan bahwa panitia Formula E fokus menyelenggarakan event internasional bersama Formula E Operation (FEO).

“Kami kan urusannya hanya dengan FEO, tidak dengan timnya. Dan tidak ada activation khusus yang mereka lakukan di Jakarta E Prix yang berkaitan dengan LGBT,” ujar Iman.

Ia juga menampik anggapan bahwa pihaknya telah kecolongan atas adanya kampanye LGBT dari salah satu tim Formula E.

Menurutnya, jika ada anggapan kecolongan, hal itu keliru. Iman juga menegaskan FEO tidak mendukung gerakan LGBT.

“Kalau ada entitas itu dari tim Venturi Racing, kita terus terang nggak ngeh, di bagian mana simbol pelanginya, saya juga nggak ngeh,” ucapnya.

Baca Juga  Peringati Hari Kartini saat Ramadan ala Garnita Nasdem Kota Bogor, Bagi-Bagi Takjil Sambil Berkebaya

“Kita tidak berkepentingan untuk nge-judge dan mengurusi (tim) itu. Kita nggak mau terlalu membahas soal itu,” papar Iman.

Dihimpun dari berbagai sumber, ROKiT Venturi Racing merupakan pabrikan mobil balap listrik yang berasal dari Monaco yang berada di bawah pimpinan CEO Susie Wolff.

Tim ini pertama kali didirikan oleh pemilik Venturi Automobiles Gildo Pallanca Pastor pada 2014.

Sejak pertama kali berdiri, pabrikan ini langsung ikut serta dalam balapan mobil listrik pertama yang diselenggarakan Formula E ABB FIA.

Di bawah pimpinan kepala tim, Jerome D’Ambrosio, ROKiT Venturi Racing mulai menunjukkan taji di antara pabrikan peserta Formula E lainnya.

Tim ini merayakan kemenangan pertamanya di Hong Kong pada 2019 lalu. Kemenangan itu tak lepas dari performa apik pebalap mereka, di mana saat ini mereka menggaet Edoardo Mortara dan Lucas di Grassi. (voi/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.