Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, PSSI Siapkan 6 Stadion

by -

METROPOLITAN.id – Kabar baik buat pecinta sepakbola tanah air. Sebab Indonesia dikabarkan tengah mengajukan diri untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023, untuk menggantikan China yang mengundurkan diri sebagai tuan rumah pada 15 Mei lalu.

China memutuskan mundur jadi tuan rumah Piala Asia 2023 karena masih maraknya pandemi Covid-19 di Negeri Tirai Bambu itu.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pun mempersilahkan negara-negara yang memiliki kepentingan untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Salah satunya Indonesia yang siap menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Alasan pemerintah menyetujui usulan PSSI yang menawarkan agar Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali.

Baca Juga  Longsor Puncak, Satu Musala Rusak Parah

Ia mengatakan, pemerintah sudah menyetujui dan mempersilakan PSSI untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

“Ada permohonan PSSI untuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Pemerintah sudah menyetujui dan mempersilakan PSSI (untuk mengajukan diri kepada AFC),” kata Zainudin Amali dikutip dari Okezone.com, Selasa (28/6).

“Besok (hari ini,red) PSSI yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum serta Sekjen akan menemui AFC,” ujarnya.

Zainudin menjelaskan bahwa pertimbangan pemerintah menyetujui usulan PSSI tersebut karena jadwal penyelenggaraan Piala Asia 2023 yang berdekatan dengan Piala Dunia U-20 2023.

Di mana Piala Asia 2023 dijadwalkan bergulir pada Juni-Juli, usai pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung Mei-Juni.

Baca Juga  HUT ke-53, BPJS Kesehatan Luncurkan Tiga Inovasi Baru

“Jadi kami masih dalam keadaan siap. Infrastruktur masih ada, Sumber Daya Manusia (SDM) juga masih ada. Sehingga tidak terlalu sulit bagi kami untuk melaksanakan Piala Asia 2023,” tandas Zainudin.

Untuk itu, Indonesia saat ini disebut sudah menyiapkan enam stadion utama untuk Piala Dunia U-20 2023.

Namun Zainudin memastikan pemerintah siap memfasilitasi apabila ada usulan penambahan arena pertandingan di luar enam stadion yang sudah ada.

Terkait anggaran, dia mengatakan masih perlu berkomunikasi lebih lanjut dengan PSSI.

Namun menurutnya, itu tidak akan terlalu membebani APBN lantaran sejumlah fasilitas yang akan digunakan adalah bekas Piala Dunia U-20 2023

Selain Indonesia, beberapa negara juga telah mengutarakan minatnya menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Baca Juga  Cuma Di-acc Rp20 M, Pemkot Bogor Rayu Jabar Naikkan Bankeu Buat Bangun Blok Baru RSUD

Salah satunya Korea Selatan yang sudah memastikan akan mengajukan diri. Sementara Jepang sudah didekati secara informal untuk mengajukan penawaran.

Selain itu, ada pula Australia yang juga berminat bisa kembali menggelar Piala Asia. Terakhir kali mereka menjadi tuan rumah pada edisi 2015. (okz/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.