Indonesia Menang Harga Mati!

by -

METROPOLITAN – In­donesia wajib menang di laga terakhir grup demi menjaga peluang lolos ke Piala Asia 2023. Tetapi keme­nangan pun bisa jadi belum cu­kup. Bagai­mana pelu­a n g ­nya?

Saat ini Tim­nas Indonesia berada di posisi kedua kla­semen kualifikasi Piala Asia 2023 di Grup A dengan rai­han 3 poin, setara Kuwait di posisi ketiga — Indonesia unggul head to head atas Kuwait.

Ada Yordania di po­sisi teratas dengan 6 poin. Sementara Nepal belum bisa meraih satu angka pun dan menjadi juru kunci klasemen.

Dengan situasi ter­sebut, di partai terakhir Indonesia akan berhada­pan dengan Nepal. Se­mentara Yordania akan berduel dengan Kuwait.

Jika Indonesia menang dari Nepal dan Kuwait me­nang atas Yordania, ketiga tim akan sama-sama punya 6 poin. Kelolosan bakal di­tentukan rincian hasil pertan­dingan, termasuk aspek gol, dalam partai-partai yang melibatkan Yordania, Kuwait, dan Indonesia.

Baca Juga  Waspada, Omicron Sudah Masuk Indonesia, Ada di Wisma Atlet

Satu hal yang pasti, Indo­nesia wajib menang atas Nepa l dengan mence­tak g o l seba ­ny a k-banyaknya demi menguak peluang. Bukan apa-apa, kemenangan atas Nepal pun tak otomatis menjamin kelo­losan.

Itu dikarenakan saat ini Indonesia masih berada pada urutan terbawah di antara klasemen tim-tim runner-up grup lain. Thailand, Kirgis­tan, dan India bahkan sudah meraih 6 poin karena menang di dua laga.

Lalu ada Filipina di urutan keempat dengan empat poin, dan Malaysia di tempat kelima dengan tiga angka tapi unggul selisih gol yakni 4-3 (+1).

Jika timnas Indonesia tak bisa menang besar atas Ne­pal, masih ada harapan lolos asalkan Filipina atau Malay­sia tidak meraih kemenangan pada laga terakhir mereka masing-masing.

Baca Juga  Tumbuhkan Perekonomian dari Pariwisata

Dari sebelas tiket tersisa ke Piala Asia, enam di anta­ranya akan didapatkan oleh keenam juara masing-masing grup. Lima tiket sisa diraih runner-up. Artinya ada satu tim runner-up yang tersing­kir.

Jadi, terlepas dari hasil di laga-laga lain, satu hal yang menjadi harga mati bagi In­donesia adalah menang atas Nepal sekaligus mencetak gol sebanyak-banyaknya.

Hal itu paling tidak akan menjadi modal awal dalam usaha menjaga asa lolos ke Piala Asia 2023, karena ke­menangan pun belum men­jamin kelolosan.

Indonesia vs Nepal ber­langsung di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Ku­wait, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Pertandingan itu akan kickoff pada pukul 02:15 WIB. (dtk/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.