Ingat Ya, Camat Harus Jaga Netralitas di Pemilu 2024

by -

METROPOLITAN.id – Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan meminta para camat menjaga netralitas pada Pemilu 2024.

Permintaan tersebut disampaikan Iwan saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Camat se-Kabupaten Bogor di Hotel Jimmers Mountain Resort, Cisarua, Kabupaten Bogor, Senin (20/6).

Iwan menjelaskan, saat ini tahapan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 sudah dumulai sejak 14 Juni lalu. Netralitas para camat sangat diperlukan agar pesta demokrasi lima tahunan tersebut berjalan lancar.

“Saya minta para camat agar menjaga netralitas, tidak melakukan politik praktis, terutama dalam menghadapi pemilu dan pilkada ke depan,” tegas Iwan.

Selain itu, Iwan meminta para camat yang bertugas memimpin wilayah harus mengkoordinasikan semua urusan pemerintahan di kecamatan, sekaligus memberikan pelayanan publik, membina dan memberdayakan masyarakat desa serta kelurahan.

Baca Juga  Dilihat Semua Teman Sekolahnya, Siswi Lompat dari Lantai 4 Setelah Guru Lakukan Ini Saat Istirahat

“Camat tentunya harus terus meningkatkan kapasitas, kreativitas dan inovasi dalam memberikan pelayanan prima, melakukan pembinaan dan pengawasan desa/kelurahan dan koordinasi sektoral, terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan identitas hukum,” ungkapnya.

Menurut Iwan, camat harus memahami betul permasalahan dan potensi wilayahnya. Bersinergi dan berkolaborasi untuk mendorong perkembangan dan kemajuan wilayahnya.

“Saat ini Pemkab Bogor sedang melakukan Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Saya minta para camat agar aktif dalam memberikan masukan terhadap pengembangan wilayahnya masing-masing,” pinta Iwan.

Pelatihan ini dilaksanakan selama lima hari kerja dan sebanyak 45 jam pelajaran. Tenaga pengajarnya dari Widyaiswara Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Jawa Barat, tenaga ahli, dan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor. (fin)

Baca Juga  Ajarkan Pewarnaan Rambut hingga Bangun Masjid dan Pesantren

Leave a Reply

Your email address will not be published.