Jadwal PPDB TK-SMP Mulai Awal Juli

by -

METROPOLITAN – Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Bogor tahun ajaran 2022/2023 telah keluar. Dalam Surat Edaran (SE) Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Nomor 421/220–Disdik tentang Pedoman Penerimaan Pelaks­anaan PPDB Tahun Ajaran 2022/2023, PPDB untuk jejang TK/PAUD, SD dan SMP dimu­lai pada 4 hingga 8 Juli 2022.

“Pengumuman dilaksanakan pada 11 Juli dan daftar ulang pada 13 Juli 2022,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Ka­bupaten Bogor, Juanda Diman­syah, dalam keterangan tertu­lis.

Berdasarkan hasil rapat ko­ordinasi Dinas Pendidikan bersama lembaga pendidikan lainnya juga diputuskan, PPDB dibuka dalam empat jalur. Ya­kni, jalur zonasi, afirmasi, per­pindahan orang tua atau wali dan jalur prestasi.

Untuk jalur zonasi di jenjang TK/PAUD, jumlah peserta didik baru pada setiap rombongan belajar Kelompok A dan Kelom­pok B paling banyak 25 pe­serta. Jumlah rombongan belajar yang ada didasarkan pada kemampuan daya tampung peserta didik.

Baca Juga  Sekolah Favorit Ditinggal Pendaftaran

Untuk jalur zonasi jenjang SD paling sedikit 70 persen dari daya tampung sekolah. Sedang­kan jenjang SMP paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah. Untuk jalur afirmasi, setiap satuan pendidikan paling sedikit menerima 15 persen dari daya tampung sekolah.

Jalur perpindahan orang tua/wali, paling banyak 5 persen dari daya tampung sekolah. Dan, jalur prestasi diambil dari sisa kuota jika masih ada dengan tetap memperhatikan siswa yang berprestasi.

Juanda menyampaikan, pendaftaran calon peserta di­dik baru dilaksanakan dengan mekanisme dalam jaringan (daring). Dengan mengunggah dokumen yang dibutuhkan sesuai persyaratan ke laman pendaftaran PPDB yang telah ditentukan.

“Dalam hal tidak tersedia fasilitas daring, maka pendaf­taran calon peserta didik baru dilaksanakan melalui meka­nisme luar jaringan (luring) dengan melampirkan fotokopi dokumen yang dibutuhkan sesuai persyaratan,” tandasnya.(rb/els/py)

Baca Juga  Disdik: PPDB Tahun Ini Berbeda

Leave a Reply

Your email address will not be published.