Jelang Pemakaman, Keluarga Ridwan Kamil Bolehkan Warga Ziarah ke Makam Eril

by -
BANDUNG BERDUKA: Karangan bunga dukacita terus berdatangan ke rumah dinas gubernur Jawa Barat atau Gedung Pakuan di Kota Bandung kemarin. (OPIK/RADAR BANDUNG).

METROPOLITAN.id – Setelah ditemukan pada di Bendungan Engehalde, Sungai Aare, Rabu (8/6) lalu, jenazah putera sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (Eril) sudah tiba di Indonesia sejak Minggu (12/6).

Eril pun bakal dimakamkan di Cimaung, Kabupaten Bandung, pada Senin (13/6) pagi. Ridwan Kamil memastikan warga dibolehkan untuk melakukan ziarah kubur setelah prosesi pemakaman selesai.

Hal itu disampaikan Juru Bicara keluarga yang juga adik dari Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, saat akan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandung, Minggu (12/6).

“Rencana dari keluarga Senin (13/6) pagi kita akan membawa Eril ke tempat istirahat terakhirnya di tanah dia dibesarkan. Sekira akan fokus diupacara keagamaan keluarga, tapi akan diberikan kesempatan warga juga bisa ziarah kubur,” kata Elpi.

Baca Juga  Wah Modifikasi Kreatif Sushi Yang Menggugah Selera Selain “Fitsa Hats”

Eril direncanakan bakal dimakamkan di pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung, yang merupakan kampung halaman orang tuanya.

Di lokasi tersebut, Ridwan Kamil diketahui mendesain dan tengah membangun masjid yang nantinya akan dinamakan Masjid Al Mumtadz. Makam Eril sendiri akan ditempatkan di sebelah masjid tersebut.

Saat jenazah Eril tiba, Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil itu sendir tak banyak berbicara. Ia hanya berterima kasih saat memasuki mobil.

“Terima kasih, terima kasih, terima kasih,” kata Ridwan kami sembari membungkukan badannya diikuti oleh istrinya, Atalia Praratya, yang juga ikut membukukan badan dengan raut wajah menangis.

Diketahui, jenazah Eril telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Jenazah Eril pun dibawa ke bagian Kargo Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga  PENGERJAAN JALAN SUKAJAYA DIGEBER

Jenazah Eril tiba sekira pukul 15.45 WIB. Dipantau dari KompasTV Jenazah Eril dibawa Qatar Airways A7-BCU.

Sesampainya di Bandara Soetta, Jenazah Eril langsung diberangkatkan menuju Bandung, Jawa Barat.

Hujan deras turun di Bandung jelang kepulangan Jenazah Eril. Para pelayat yang merupakan masyarakat umum pun berteduh.

Hujan turun di Bandung sekitar pukul 14:30 WIB tadi. Rumah dinas gubernur yakni Gedung Pakuan Bandung juga dipenuhi bunga ucapan.

Ada sekira 1.700 karangan bunga yang berdatangan.

Warga bebas masuk, namun harus antre bergantian. Mereka wajib mengenakan masker. (tem/kmp/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *