Jokowi Prediksi Harga Mobil Listrik Ramah di Kantong

by -

METROPOLITAN – Indone­sia ingin bergerak ke arah ken­daraan ramah lingkungan. Hanya saja harga kendaraan listrik masih banyak dikeluhkan terlalu mahal daripada mobil biasa dengan energi fosil.

Presiden Joko Widodo (Jo­kowi) menanggapi hal terse­but. Menurutnya, wajar saja harga kendaraan listrik mahal pasalnya kendaraan itu meng­gunakan teknologi yang baru dikembangkan.

Ia mengatakan, seiring tek­nologi yang semakin ber­kembang bisa saja kendaraan listrik harganya makin murah. Khususnya, perkembangan teknologi pada unsur baterai.

”Biasa itu untuk pertama se­perti itu. Itu karena 50% cost itu baterainya. Nanti kan kalau ada teknologi baru lagi harga baterai akan makin murah, semakin murah, semakin mu­rah,” ujar Jokowi dalam kete­rangan pers setelah meninjau KIT Batang Jawa Tengah yang disiarkan virtual, Rabu (8/6). ”Saya kira itu masalah tekno­logi saja,” tegasnya.

Baca Juga  Petani Bawang Takut Gagal Panen

Jokowi menekankan harga kendaraan listrik makin mu­rah karena ekosistemnya bakal dibangun di Indonesia. Dengan begitu biaya-biaya produksi kendaraan listrik bisa makin murah.

”Apalagi, dibangun di Indo­nesia, di tempat di mana nikel itu ada. Cobalt ada, sehingga semuanya dikerjakan dari hulu ke hilir dan menekan cost-nya yang paling murah jadi kompetitif,” kata Jokowi.

Jokowi menghadiri acara seremoni implementasi tahap kedua industri baterai listrik terintegrasi di Kawasan In­dustri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, kemarin. Jo­kowi juga sempat meninjau KIT Batang naik mobil listrik Hyundai jenis Genesis G80. (dtk/eka/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.