Kandidat Capres 2024 Versi Poltracking, Ganjar, Prabowo dan Anies Teratas

by -

METROPOLITAN – Lembaga Poltracking Indonesia turut merilis hasil survei simulasi duet elektabilitas bakal calon presiden-calon wakil presiden jelang Pilpres 2024. Dalam survei tersebut, terdapat tiga paslon yang menjadi objek survei dengan melibatkan nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Survei Poltracking yang dirilis Kamis (9/6) mempunyai sampel 1.220 responden dengan metode multistage random sampling yang terdiri dari warga negara Indonesia berusia di atas 17 tahun.

Wawancara survei disebut dilakukan secara tatap muka dengan protokol kesehatan pada 16-22 Mei 2022. Margin of error survei +- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Ada 3 simulasi survei pasangan calon presiden dan calon wakil presiden versi Poltracking. Responden diberikan pertanyaan, ‘Di antara pasangan calon presiden-wakil presiden berikut ini, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih dalam Pemilihan Umum Presiden 2024?’.

Baca Juga  Beri Sinyal PDIP Capreskan Puan, Megawati : Ada Kader yang Bermanuver, Silahkan Keluar!

“Dalam simulasi 3 pasangan calon presiden-wakil presiden, Ganjar Pranowo-Erick Thohir memperoleh angka elektabilitas 27,6%, diikuti pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani 20,7% dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono 17,9%,” ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam konferensi pers, Kamis (9/6/2022).

Sementara itu, Menteri BUMN RI Erick Thohir menjadi sosok pemimpin baru di bursa Calon Wakil Presiden (Cawapres). Berdasarkan hasil survei terbaru dari lembaga Poltracking Indonesia, Erick Thohir bersaing di peringkat utama bersama Sandiaga Uno.

“Dalam simulasi surat suara 10 nama Cawapres 2024, angka elektabilitas dari setiap kandidat yaitu Sandiaga Salahuddin Uno 15.5%, Erick Thohir 12.4%,” ungkap Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda

Baca Juga  Prabowo-Sandi Rapat Bareng Tim Kampanye

Ia melanjutkan, Sandiaga terbantu statusnya sebagai cawapres pada pemilu 2019 lalu. Sedangkan Erick Thohir merupakan sosok pemimpin pendatang baru yang bersaing dengan nama-nama yang sudah terlebih dahulu menghiasi peta perpolitikan nasional.

“Sandiaga memiliki status sebagai cawapres 2019 lalu, masyarakat jadi lebih mengenal,” ujar Hanta Yuda.

Di samping itu, dalam simulasi berpasangan, Erick Thohir meraih elektabilitas tertinggi saat diduetkan dengan Ganjar Pranowo. Pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Erick Thohir berhasil unggul dari pasangan Prabowo Subianto Puan Maharani dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono.

Tambahan informasi, Sampel survei ini menjangkau 34 provinsi seluruh Indonesia secara proporsional berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) terakhir. Surveyor juga melakukan wawancara langsung kepada narasumber untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. (jp/feb)

Baca Juga  Warga Bogor Sabar Dulu, Taman-Taman Kota Belum Akan Dibuka Dalam Waktu Dekat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *