Ketua DPRD Bogor Ajak Semua Elemen Kawal Pemilu 2024

by -

METROPOLITAN.id – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mengajak semua elemen masyarakat mengawal Pemilu 2024.

Ajakan tersebut disampaikan Rudy saat menghadiri Launching Tahapan Pemilu 2024 di Gedung KPU Kabupaten Bogor, Selasa (14/6) malam.

Menurut Rudy, lembaganya siap memberikan dukungan kepada KPU dan Bawaslu untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024. Salah satunya dengan alokasi anggaran yang dibutuhkan agar semua tahapan berjalan dengan baik dan lancar.

“Untuk anggaran saya kira tidak ada masalah, yang terpenting kita harus bersama-sama mengawal pemilu 2024 ini bisa berjalan dengan baik, dan semakin mematangkan kehidupan berdemokrasi, khususnya di Kabupaten Bogor,” kata Rudy.

Rudy menjelaskan, Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah menyadari betul Kabupaten Bogor memiliki wilayah yanh sangat luas dengan jumlah pemilih terbanyak se-Indonesia untuk tingkat kabupaten/kota.

Baca Juga  Cerita Kepanikan Alice Norin Menjadi Ibu Baru

Dengan kondisi itu, penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Bogor jelas membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Namun, ia memastikan hal tersebut tidak menjadi kendala.

Rudy juga mengajak masyarakat Kabupaten Bogor berpartisipasi aktif pada Pemilu 2024. Pemilu merupakan salah satu perangkat untuk meraih atau mempertahankan kekuasaan secara konstitusional dan harus seutuhnya digunakan untuk kepentingan masyarakat.

“Jadi anggaran besar yang kita gunakan untuk pemilu harus dimanfaatkan untuk mematangkan kehidupan demokrasi kita,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin meminta KPU segera merancang program kegiatan dan anggaran yang dibutuhkan untuk Pemilu 2024. Pria yang juga Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) itu meminta agar pembahasan anggaran penyelenggaraan pemilu harus sudah tuntas dan disahkan pada APBD 2023.

Baca Juga  Prabowo Perhitungkan Ridwan Kamil Jadi Cawapres

“Pemilu kan dilaksanakan 14 Februari 2024, jadi menurut saya, anggarannya harus sudah tuntas di 2023,” katanya.

Berkaca pada pemilu 2014, Burhan mengatakan, anggaran pemilu baru disahkan pada bulan Januari, padahal Waktu itu, Pemilu dilaksanakan 9 April 2014.

“Jadi terlalu mepet. Nah, 2024 ini pemilunya di bulan Februari, saya minta agar anggarannya tuntas di 2023,” katanya.

Kegiatan ini menandakan tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai. Partai politik yang akan mengikuti pesta demokrasi lima tahunan itu boleh mendaftar mulai 29 Juli 2022 sampai 13 Desember 2022.

Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni mengatakan, tahapan pemilu akan diawali dengan perencanaan program anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu.

Baca Juga  Rumah Di Kronjo Tangerang Digerebek Massa

Sesuai jadwal, KPU akan membuka pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu mulai 29 Juli sampai 13 Desember 2022. Penetapan peserta pemilu nanti akan diumumkan pada Rabu, 14 Desember 2022.

“Untuk itu kami meminta pimpinan partai politik untuk mempersiapkan diri. Kami juga meminta kepada dukungan kepada semua pihak, terutama pada forkopimda agar semua tahapan pemilu bisa berjalan dengan baik,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.