Kota Bogor Dijatah 1.000 Dosis Vaksin PMK, Setiap Sapi Bakal Disuntik 3 Kali

by -

METROPOLITAN.id – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor menyebut pihaknya saat ini telah menerima 10 botol vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

10 botol ini diprediksi dapat dimanfaatkan untuk menyuntikan 1.000 ekor sapi pada dosis pertama.

Kepala DKPP Kota Bogor, Anas S Rasmana menjelaskan, vaksinasi sapi di Kota Bogor ditargetkan dapat menyasar 800 hingga 900 ekor sapi, dimulai dosis 1, dosis kedua sampai booster dengan rentang waktu berbeda.

“Sapi yang disasar untuk vaksin adalah sapi sehat. Kami upayakan khusus untuk sapi perah, mengingat jika terpapar PMK ruginya dua kali, pertama membuat sapi sakit, dan kedua tidak bisa memproduksi susu secara optimal,” kata Anas S Rasmana kepada wartawan, Senin (28/6).

Baca Juga  Menko Airlangga Sebut Reforestrasi Genjot Akselerasi Pertumbuhan Green Economy

Menurutnya, Kota Bogor menedapat jatah 10 botol vaksinasi yang artinya dapat dimanfaatkan untuk 1.000 ekor sapi dosis pertama.

“Kalau misalnya masing-masing pemberian vaksin sapi 2 cc saja, kemungkinan ada 800-900 ekor sapi yang bisa divaksin,” ucapnya.

Tercatat, jumlah sapi terpapar PMK di Kota Bogor tembus 190 lebih ekor. Dengan rincian, 100 ekor sapi dinyatakan sembuh.

Dilanjutkan Anas, DKPP akan kembali melanjutkan vaksin dosis ke dua pada hewan berkuku belah itu setelah jeda empat minggu sejak dosis pertama diberikan.

Anas juga terus berikhtiar melakukan penanganan PMK di Kota Bogor, baik dengan cara edukasi kepada peternak, pemberian bantuan layanan dokter untuk perawatan, obat-obatan, dan vitamin.

Baca Juga  Pesimis Halau Omicron, Bima Arya: Tinggal Tunggu Waktu Saja, Kota Bogor Nanti ada Kasusnya

“Kami juga masih menunggu bantuan dari CSR, ada Bank Jabar, Bank Kota Bogor, Kadin, PDAM (Perumda Tirta Pakuan), sudah siap memberikan bantuan,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) secara perdana menggelar suntik vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ke hewan ternak khususnya sapi yang ada di wilayahnya pada Selasa (28/6).

Kegiatan vaksin PMK perdana ini menyasar sapi-sapi yang ada di Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Dengan total sebanyak 10 hingga 12 titik. (rez) 

Leave a Reply

Your email address will not be published.